• News

  • Megapolitan

Sudin Dukcapil Jaksel Siap Gelar Biduk Pasca Arus Balik Lebaran 2018

Kasudin Dukcapil Jaksel, Abdul Haris
Beritajakarta
Kasudin Dukcapil Jaksel, Abdul Haris

JAKARTA, NNC - Suku Dinas (Sudin) Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Administrasi Jakarta Selatan (Jaksel), sedang bersiap untuk menggelar Operasi Pembinaan Kependudukan (Biduk) untuk mendata para pendatang baru yang datang ke Jakarta Selatan, pasca arus balik Hari Raya Idul Fitri 1439 H.

Kasudin Dukcapil Jaksel, Abdul Haris mengatakan, biduk perdana ini akan digelar pada 10 Juli 2018 di salah satu kelurahan yang berada di Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

"Perdana tanggal 10 Juli," ujar Abdul di Jakarta, Sabtu (30/6/2018).

Haris menjelaskan, dalam Operasi Bidukperdana ini, pihaknya akan melakukan penelusuran, untuk melihat apakah ada penduduk baru yang datang dari daerah, untuk bertempat di wilayah tersebut.

"Kita akan mendata para pendatang baru di sana," ucapnya.
 
Ia menuturkan, pihaknya juga akan melakukan biduk di sembilan kecamatan lain yang ada di Jakarta Selatan.

Dalam menetapkan biduk ini, Sudin Dukcapil Jaksel telah melakukan pemetaan terlebih dahulu, terhadap wilayah yang disinyalir paling banyak disasar pendatang.

"Jadi ada pemetaan wilayah terlebih dahulu yang dilakukan. Kita memprediksi bahwa tempat tersebut merupakan kantong bagi para penduduk pendatang baru di Jakarta Selatan," terangnya.

Abdul Haris menuturkan, selain pendataan, dalam Biduk ini pun pihaknya menyelenggarakan berbagai pelayanan.

"Jadi Biduk ini dibarengi dengan pelayanan SKDS, Rekam KTP Elektronik dan pendistribusian, serta konsultasi adminduk," tuturnya.

Tidak itu saja, dalam kegiatan ini Sudin Dukcapil Jaksel juga bekerja sama dengan berbagai instansi terkait lainnya demi lancarnya Operasi Biduk.

"TNI, Polri, Imigrasi, BNN dan Sudin Sosial juga dilibatkan" tambahnya.

Reporter : Toar Sandy Purukan
Editor : Wulandari Saptono