• News

  • Megapolitan

Ahok Dihukum 2 Tahun Penjara, Massa Pendukung Ahok Menangis

Massa Ahok menangis (Dok.poskota)
Massa Ahok menangis (Dok.poskota)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok divonis 2 tahun oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Selasa (9/5/2017) dan harus segera masuk tahanan. Mendengar vonis tersebut, massa pro Ahok sangat kecewa. Jeritan kekecewaan dan tangisan pecah, saat hakim mengetuk palunya.

Vonis yang diterima Ahok itu jelas lebih berat dibandingkan tuntutan jaksa penuntut umum yang hanya memberikan hukuman 1 tahun penjara dengan masa percobaan dua tahun.

Massa pro Ahok sebagian terduduk lemas. Sebagian memeluk kawan-kawannya. Sementara itu, beberapa orang di antaranya mengingatkan untuk tetap tenang. “Kita tenang ya, tenang,” kata satu orang menggunakan pengeras suara.

Hakim yang dipimpin Dwiarso menyatakan Ahok bersalah, terbukti melanggar Pasal 156a KUHP tentang penistaan agama.

"Menyatakan terdakwa Insinyur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penodaan agama," kata Hakim Ketua Dwiarso Budi Santiarto di ruang sidang.

"Menjatuhkan pidana kepada terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama dua tahun. Memerintahkan agar terdakwa ditahan. Membebankan kepada terdakwa untuk membayar biaya perkara sebesar Rp5.000," ujar Dwiarso melanjutkan.

Editor : Wulandari Saptono