• News

  • Megapolitan

BPAD DKI Benarkan Terbitnya HGB Pulau D Atas Nama Kapuk Naga Indah

reklamasi Teluk Jakarta (istimewa)
reklamasi Teluk Jakarta (istimewa)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kepala Badan Pengelola Aset Daerah (BPAD) DKI Jakarta Achmad Firdaus membenarkan terbitnya sertifikat hak guna bangunan ( HGB) Pulau D, yang merupakan salah satu pulau  reklamasi di Teluk Jakarta.

Sertifikat HGB yang diterbitkan oleh Badan Pertahanan Nasional (BPN) wilayah Jakarta Utara itu atas nama PT Kapuk Naga Indah.

"Tadi pagi saya koordinasi ke BPN, memang sudah diterbitkan HGB atas nama PT Kapuk Naga Indah," kata Firdaus di Balai Kota Jakarta, Senin (28/8/2017).

Firdaus menyebut, pengembang berhak atas HGB setelah terbitnya sertifikat hak pengelolaan lahan (HPL). "Jadi HGB itu diperbolehkan setelah ada HPL. HPL terbit, akan terbit HGB," ucapnya.

Ditambahkannya, hal tersebut sudah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 40 Tahun 1996 tentang Hak Guna Usaha, Hak Guna Bangunan, dan Hak Pakai Atas Tanah.

" HGB itu memang ada di PP 40 Tahun 1996, HGB itu ada di atas HPL. Makanya di BPN juga diterbitkan HGB-nya, karena memang ada payungnya di PP 40 tahun 1996," ujar Firdaus.

Sebelumnya, beredar foto Sertifikat HGB Pulau D di media sosial. HGB itu dikeluarkan pada 24 Agustus 2017. Sertifikat diterbitkan dan ditandatangani oleh Kepala Kantor Pertanahan Jakarta Utara Kasten Situmorang. Terdapat pula surat ukur terbit pada 23 Agustus 2017 dengan luas lahan mencapai 3.120.000 meter persegi.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Wulandari Saptono