• News

  • Nasional

Ditolak, Gugatan Praperadilan Pembunuhan Berencana

Illustrasi. Para tersangka pembunuhan Enro. (www.merdeka.com)
Illustrasi. Para tersangka pembunuhan Enro. (www.merdeka.com)

Berita Terkait

MAMUJU, NETRALNEWS.COM - Gugatan prapradilan kasus pembunuhan berencana yang diajukan pemohon, Taufik Dina SH selaku kuasa hukum akhirnya ditolak oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Mamuju, Sulawesi Barat.

"Alhamdulillah, gugatan yang diajukan pemohon akhirnya terjawab atas ditolaknya oleh majelis hakim dalam sidang prapardilan yang dipinpin langsung wakil ketua PN Mamuju, Beslin Sihombing," kata Kapolsek Topoyo, Mamuju Tengah, Iptu Jamaluddin selaku pihak termohon dalam kasus ini di Mamuju, Jumat (10/6/2016).

Menurutnya, sidang gugatan prapradilan ini digelar di PN Mamuju pada Rabu, (8/6/2016) sekitar pukul 09.00 wita dan berakhir jam 11.00 wita.

Ia menyebutkan, kasus ini melibatkan tersangka Taufik CS dengan melakukan aksi pembunuhan berencana terhadap Salwi selaku korban pembunuhan itu.

"Sidang prapradilan ini berawal dari rasa tidak puas atas tindakan yang kami tempuh dengan melakukan penangkapan dan penahanan. Apa yang kami lakukan sudah sesuai dengan aturan dan kaidah hukum yang berlaku," ucap Jamaluddin.

Jamaluddin menyebutkan, tindakan yang diambil sudah sesuai dengan protap yang ada. Terbukti dengan lahirnya Amar putusan yang menolak semua gugatan pemohon mengenai sah tidaknya penangkapan dan penahanan yg dilakukannya.

"Amar putusan ini memberikan gambaran bahwa apa yang saya lakukan sah sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku," terang Jamaluddin yang juga pernah menjabat sebagai Kaur Reskrim Polres Mamuju ini.

Karena itu, kata dia, persoalan ini akan terus mendapat perhatian serius demi tegaknya asas hukum yang berkeadilan.

Sementara itu, Majelis Hakim PN Mamuju, Beslin menyebutkan, dari bukti-bukti dan keterangan saksi ahli, maka hakim memutuskan bahwa bahwa penangkapan dan penahanan dinyatakan sah sesuai dengan prosedur hukum.

Beberapa alasan Beslin menolak gugatan itu adalah penyidik Polsek Topoyo masih menjalani proses penyidikan atas kasus tersebut. Karena perkara masih dalam proses penyidikan, bukan merupakan objek pra peradilan sehingga permohonan kuasa hukum pemohon tidak dapat diterima.

Pertimbangan hakim lainnya adalah alasan pemohon mengajukan praperadilan tidak memperhatikan kaidah yang benar dan tidak memenuhi syarat formil. Karena itu, permohonan praperadilan harus ditolak atau tidak diterima.

Editor : Marcel Rombe Baan
Sumber : Antara