• News

  • Nasional

Mendagri: 3 Juta Penduduk Belum Ber-KTP

Tjahjo Kumolo (tjahjokumolo.com)
tjahjokumolo.com
Tjahjo Kumolo (tjahjokumolo.com)

 

JAKARTA, NETRALNEWS - Saat ini masih ada 3 juta penduduk Indonesia belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP). Saya tidak tahu apakah itu kebijakan daerah ataukah memang mereka sulit mendapatkan KTP. Jika memang itu kebijakan pemerintah daerah maka pertimbangan tersebuh sangat aneh.

Hal itu dikatakan Mendagri Tjahjo Kumolo di Jakarta, Selasa (23/2/2016) saat sebagai pembicara pada Konggres Nasional Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan.

Mendagri juga mengaku saat ini baru sekitar 30 % penduduk Indonesia memiliki Akta Kelahiran atau surat kenal lahir. “Padahal bangsa ini sudah berusia 70 tahun merdeka,” di Balai Kartini, Jakarta.

“ Ketika saya masuk di Kementerian Dalam Negeri itu masih ada 8 juta E-KTP Ganda. Dan kami mulai membenahinya. Ternyata dari 254 juta penduduk Indonesia baru 30 % yang mempunyai akta kelahiran.  Saya tidak tahu apakah itu kebijakan daerah ataukah memang mereka sulit mendapatkan KTP. Jika memang itu kebijakan pemerintah daerah maka pertimbangan tersebuh sangat aneh,” ujarnya.

Lanjut Tjahjo, Ke mendagri mengakui pihaknya pernah berkonsultasi dengan Kejaksaan. Terkait soal KTP itu. Tjahjo mempertanyakan apakah mereka yang diluar enam agama,  resmi diakui negara dan UUD 45 tidak boleh mendapatkan KTP?

“Kebijakan kami di Departemen Dalam Negeri semua warga harus didata. Masalah kolom agama bagi mereka yang diluar enam agama itu dikosongkan. Kecuali warga itu berkeyakinan sesat. Di Indonesia masih banyak yang melakukan kegiatan terselubung,dan ini berbahaya,” pungkas Tjahjo Kumolo.

 

 

 

 

Reporter : Dominikus Lewuk
Editor : Hila Japi