• News

  • Nasional

KPK Didesak Lanjutkan Penyidikan Bank Century

Gedung KPK Jakarta (www.itoday.co.id)
Gedung KPK Jakarta (www.itoday.co.id)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan meminta KPK segera melanjutkan penyidikan kasus Bank Century.  Hal itu disampaikan hakim usai menolak seluruh gugatan praperadilan Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI).

"Dalam hal ini hakim sependapat dengan pemohon. Agar termohon (KPK) segera melanjutkan penyidikan kasus korupsi Bank Century," kata   Hakim Tunggal Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Martin Punto Bidara di ruang sidang, Kamis (10/3/2016).

Ia menegaskan keluarnya putusan kasasi Mahkamah Agung (MA) nomor 861 K/Pid.Sus/2015 yang menolak kasasi yang diajukan Budi  Mulya, tersangka korupsi Bank Century maka oleh karena itu lembaga itu diminta melanjutkan penyidikan dan jangan berhenti di Budi Mulya saja.

Sebagaimana diketahui, Budi Mulya selaku mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia Bidang Pengelolaan Moneter dan Devisa didakwa merugikan perekonomian negara. Diyakini,  pemberian FPJP sebesar Rp 689 miliar dan proses penetapan Bank Century sebagai bank gagal berdampak sistemik dengan kerugian sebesar Rp 6,762 triliun, kata koodinator MAKI, Boyamin Saiman. 

Penulis : Dominikus Lewuk
Reporter : Dominikus Lewuk
Editor : Hila Japi