• News

  • Hankam

Ini Ancaman Kapolri bagi Anak Buahnya yang Gagal Cegah Konflik Sosial

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian.
Istimewa
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian.

JAKARTA, NNC - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian Tito mengintruksikan Kapolda dan Kapolres untuk melakukan pemetaan potensi konflik di wilayahnya masing-masing, dan menjaga jangan sampai konflik itu pecah. Terlebih saat ini sebanyak 171 wilayah melaksanakan Pilkada Serentak 2018.

"Kalau sampai pecah, meledak maka dari Mabes Polri akan menurunkan dua tim, yakni Tim Itwasum dan Tim Propam," kata Tito di Auditorium Mutiara PTIK, Rabu (24/01/2018).

Dirinya secara tegas mengatakan akan mencopot anak buahnya mulai dari Kasat hingga Kapolda, apabila tak bisa mencegah terjadinya konflik sosial.

Ia pun mengatakan pentingnya melakukan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) kepada jajarannya, dalam Rapat Pimpinan (Rapim) Polri 2018. Ini tak lepas dari dampak konflik sosial yang sangat besar bagi Tito.

Ia pun menyampaikan jika konflik sosial berbeda dengan kejahatan konvensional yang tak mempengaruhi aktivitas pemerintah dan masyarakat walaupun terjadi berkali-kali dalam sehari.

Kasus di Poso, meski 19 tahun berlalu namun belum juga usai, sehingga Satgas Operasi Tinombala yang ditugaskan khusus menjaga Kamtibmas di Poso pun belum dibubarkan.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Nazaruli