• News

  • Lingkungan

Ribuan Jiwa Terdampak Banjir di Mamuju

Banjir di Mamuju menyebabkan ribuan jiwa terdampak.
Dok. BNPB
Banjir di Mamuju menyebabkan ribuan jiwa terdampak.

MAMUJU, NNC - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, ribuan jiwa terdampak akibat banjir di Mamuju.

Bencana banjir telah merendam beberapa wilayah di Mamuju pada Kamis, 22 Maret 2018 Pukul 08.30 WITA. Saat ini banjir telah surut.

"Lokasi yang terdampak banjir adalah Provinsi Sulawesi Barat, Kabupaten Mamuju, Kecamatan Simboro dan Kecamatan Mamuju. Sedangkan jumlah masyarakat yang terdampak adalah 1.089 KK atau sekitar 3.267 jiwa terdampak," kata Sutopo dalam keterangan tertulis yang NNC terima, Jumat (23/3/2018).

Dari ribuan jiwa yang terdampak, tujuh orang diantaranya alami luka–luka. Selain itu 1.089 unit rumah juga terendam.

" Banjir ini terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi sehingga menyebabkan meluapnya sungai-sungai. Sungai yang meluap meliputi Sungai Rimuku, Sungai Karema dan Sungai Mamunyu yang bersamaan air pasang laut," tukas Sutopo.

Menanggulangi hal ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat telah  melakukan evakuasi serta pendataan. Diketahui pula ada beberapa kebutuhan mendesak, diantaranya air bersih, peralatan kebersihan lingkungan, makanan siap saji dan sanitasi.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Lince Eppang