• News

  • Peristiwa

Ini Imbauan Mendagri kepala Pejabat Daerah

Mendagri Tjahjo Kumolo.
Humas Kemendagri
Mendagri Tjahjo Kumolo.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta pejabat daerah di seluruh Indonesia untuk berdialog dan menerima aspirasi yang disampaikan mahasiswa dan masyarakat di daerah masing-masing.
 
Aspirasi dari mahasiswa dan masyarakat itu kemudian disampaikan kepada pihak yang berwenang untuk ditindaklanjuti.
 
“Kepala Daerah dan DPRD setempat harus membuka pintu dialog serta menerima penyampaian aspirasi mahasiswa dan masyarakat dan selanjutnya meneruskan aspirasi itu agar ditindaklanjuti,” kata Mendagri di Jakarta, Kamis (26/9/2019).
 
Mendagri juga meminta kepala daerah untuk rutin menjalin komunikasi dan koordinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) beserta tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, dan pimpinan perguruan tinggi setempat terkait dinamika sosial politik di daerah. Dengan demikian, kepala daerah bisa mengetahui dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan bila ada masalah yang berpotensi mengganggu stabilitas dan keamanan di daerah.
 
“Kepala daerah juga harus cermat dan tanggap bila ada informasi yang tersebar di masyarakat yang sifatnya hoaks, fitnah dan mengadu domba masyarakat. Kalau ditemukan informasi seperti itu, segera koordinasikan dengan aparat kepolisian setempat. Dan seluruh apatur penyelenggara pemerintahan daerah wajib memastikan tata kelola pemerintahan dan pelayanan masyarakat tetap berjalan” kata Tjahjo Kumolo.

Reporter : Sesmawati
Editor : Sulha Handayani