• News

  • Nasional

Ray Rangkuti Ragukan DPD RI Akan Lebih Baik di Bawah La Nyalla

Direktur Eksekutif Lingkar Madani Indonesia (LIMA), Ray Rangkuti
Harian Nasional
Direktur Eksekutif Lingkar Madani Indonesia (LIMA), Ray Rangkuti

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Direktur Eksekutif Lingkar Madani Indonesia (LIMA), Ray Rangkuti mengaku pesimistis Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI akan lebih baik di bawah kepemimpinan La Nyalla Mahmud Mattalitti.

Ia masih sulit memprediksi  nasib DPD RI  dalam waktu lima tahun ke depan, mengingat sosok La Nyalla selama ini dikenal sebagai figur yang penuh kontroversial.

“Saya masih susah menganalisanya, apakah lembaga DPD RI ke depan ini akan lebih baik lagi dari periode sebelumnya atau tidak, terutama di bawah pimpinan Pak La Nyalla. Sebab selama ini seperti publik juga tahu, beliau ini merupakan sosok yang sering kali membetot perhatian masyarakat dari sisi kontroversinya,” ujar Ray Rangkuti di Jakarta, Sabtu (5/10/2019).

Tapi Ray mengakui masih ada sedikit rasa optimistis, karena anggota DPD RI periode  ini banyak yang memiliki integritas dan berkualitas di bidangnya dan dari sisi politik. Seperti hadirnya pakar Hukum Tata Negara Prof Jimly Asshiddiqie, mantan Gubernur Gorontalo Fadel Muhammad, mantan Gubernur Kalimantan  Tengah Teras Narang, mantan politisi Partai Golkar Yorrys Raweyai, dan banyak lagi anggota DPD RI saat ini yang berkulitas.

Tapi ini juga lantas tidak menjamin secara umum akan membuat lembaga DPD RI ke depan semakin baik, jika pimpinannya tidak memberikan ruang kebebasan kepada anggotanya.

“Bahwa saat ini banyak anggota DPD RI yang terpilih berkualitas, iya. Tapi itu tidak banyak berarti, jika pimpinan DPD RI-nya tidak mengakomodir aspirasi anggotanya. Kalau pimpinan DPD RI tidak mengambil trobosan yang signifikan, juga sulit DPD RI mencapai peningkatan,” tegasnya.

Ray mengatakan, jika memperhatikan visi dan misi yang disampaikan La Nyalla saat masuk dalam bursa pemilihan ketua DPD RI,  sangat datar dan dangkal dan tidak substasi apa yang disampaikan La Nyalla. Seperti hanya menyinggung soal akan menyediakan perumahan di pusat  bagi anggota DPD RI dari daerah.  Juga soal biaya perjalanan dinas yang harus disamakan dengan yang di DPR RI.

“Terus terang kalau mendengar visi dan misi yang di sampaikan Pak La Nyalla, itu masih dangkal. Kurang substasi. Hanya bicara kepentingan jangka pendek bagi anggotanya. Pak La Nyalla tidak menyinggung sama sekali apa yang ingin dikerjaka untuk perbaikan lembaga DPD RI ke depannya, seperti apa dan strateginya. Padahal itu yang mestinya di ungkap dengan terang. Sehingga terbangun optimisme bagi lembaga DPD RI ke depannya,” tegasnya.

 

Editor : Sesmawati