• News

  • Nasional

Konflik di Bumi Cendrawasih, Komite I DPD Usulkan Bentuk Pansus Papua

Ketua Komite I DPD Agustin Teras Narang.
Banjarmasinpos
Ketua Komite I DPD Agustin Teras Narang.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Komite I Dewan Perwakilan Daerah (DPD) menggelar Rapat Pleno Komite I membahas draft Jadwal dan Program Kerja Komite I Masa Sidang I Tahun Sidang 2019-2020, di ruang rapat Komite I Gedung DPD Senayan, Jakarta, Senin (14/10/2019).

Rapat pleno tersebut tidak hanya membahas jadwal dan Program Kerja Komite I Masa Sidang I Tahun Sidang 2019-2020, namun juga membahas berkenaan persoalan Papua, Kunjungan Kerja ke daerah terkait Pilkada 2020, Usulan Revisi terhadap Undang-Undang Pilkada, pertanahan, Daerah Otonomi Baru.

Terkait masalah Papua, Komite I DPD dalam waktu dekat akan mengusulkan pembentukan Pansus Papua untuk membantu menyelesaikan konflik berkepanjangan di Bumi Cendrawasih itu.

"Berkembang dalam rapat selain membahas jadwal yang terbatas sampai Desember 2019, kami memprioritaskan masalah Papua dan mengusulkan ada pansus yang diprakarsai oleh Komite I," kata Ketua Komite I DPD Agustin Teras Narang usai memimpin rapat pleno Komite I.

Menurutnya, Komite I DPD mengusulkan untuk membentuk pansus, karena konflik di Papua tidak hanya bisa diselesaikan dengan pendekatan militer. Ia menyebut pemerintah pusat dan daerah serta DPD harus hadir untuk memulihkan kondisi di provinsi paling timur Indonesia tersebut.

"Permasalahan Papua tidak hanya bisa diselesaikan dengan pendekatan militer, pemerintah dan daerah harus turun dan DPD RI sebagai perwakilan daerah harus hadir," ujar Teras Narang.

Lebih lanjut, mantan Gubernur Kalimantan Tengah ini mengungkapkan, pihaknya telah bersepakat untuk membawa hasil rapat pleno Komite I DPD terkait masalah Papua ke sidang paripurna dalam waktu dekat.

"Tadi kita semua sepakat akan akan membawa pada rapat pimpinan untuk dapat disepakati pada paripurna berkenaan masalah di Papua ini," pungkas Teras Narang.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sulha Handayani