• News

  • Nasional

Komite I DPD Akan Usulkan Revisi UU Pilkada

Rapat Komite I DPD RI.
Humas DPD RI
Rapat Komite I DPD RI.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Komite I Dewan Perwakilan Daerah (DPD) akan mengusulkan adanya revisi Undang-undang Pilkada terkait pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020.

Hal tersebut disampaikan Ketua Komite I DPD Agustin Teras Narang usai memimpin rapat pleno Komite I membahas draft Jadwal dan Program Kerja Komite I Masa Sidang I Tahun Sidang 2019-2020, di ruang rapat Komite I Gedung DPD, Senayan Jakarta, Senin (14/10/2019).

"Masih ada waktu untuk mengajukan usul terhadap Revisi Undang-Undang Pilkada. Terkait nomenklatur banyak yang harus disempurnakan, seperti masalah waktu kampanye, cuti kampanye, teknis pelaksanaan di lapangan yang rumit dan berkaitan dengan hal pengawasan," kata Teras Narang. 

Untuk itu, mantan mantan Gubernur Kalimantan Tengah ini menyebut, dalam waktu dekat pihaknya akan menggelar rapat kerja dengan pihak terkait membahas soal usulan merevisi UU Pilkada.

"Masalah ini akan kita inventarisasi dalam waktu dekat dengan mengundang rapat kerja dengan Menteri Dalam Negeri yang baru nanti dan juga dengan KPU," ujarnya. 

Diketahui, dalam rapat pleno tersebut tidak hanya membahas jadwal dan Program Kerja Komite I, namun juga membahas mengenai persoalan di Papua, Kunjungan Kerja ke daerah terkait Pilkada 2020, usulan revisi terhadap UU Pilkada, UU Pertanahan dan Daerah Otonomi Baru (DOB). 

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Nazaruli