• News

  • Peristiwa

Mulai Hari Ini DPRD DKI Jakarta Bahas KUA-PPAS untuk APBD 2020

Mulai hari ini DPRD DKI Jakarta bahas KUA-PPAS untuk APBD 2020.
Saibumi
Mulai hari ini DPRD DKI Jakarta bahas KUA-PPAS untuk APBD 2020.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - DPRD DKI Jakarta mengebut pembahasan Kebijakan Umum Anggaran-Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Gerindra Mohamad Taufik mengatakan, pembahasan KUA-PPAS ini akan dimulai pada Rabu (23/10/2019) hingga akhir November 2019.

"Iya mulainya besok (hari ini) sampai akhir November," kata Taufik seusai rapat di lantai 3, Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (22/10/2019).

Pembahasan anggaran ini dikebut sebelum tanggal 30 November 2019 sesuai ketetapan Kementerian Dalam Negeri.

"Sampai minggu pertama Desember masih mungkin. Tapi kita mau press di 30 november," ujar dia.

Berdasarkan jadwal pembahasan KUA-PPAS yang disetujui DPRD DKI Jakarta dalam rapat pada Rabu 23 Oktober 2019, DPRD dijadwalkan rapat Badan Anggaran (Banggar) bersama pihak eksekutif TAPD (Tim Anggaran Pemerintahan Daerah).

Diketahui pembahasan APBD DKI 2020 terhenti lantaran pergantian anggota DPRD DKI yang baru. Pembahasan kian molor dengan pemilihan pimpinan DKI yang memakan waktu lama.
Dalam Kebijakan Umum Anggaran Plafon Pioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) untuk APBD 2020, Pemprov DKI Jakarta mengusulkan anggaran sekitar Rp 95,9 triliun. Angka itu naik Rp 6,9 triliun dari APBD DKI 2019.

Sejumlah program kegiatan kemudian menuai kritik, seperti anggaran pengadaan software dan antivirus di Dinas Pendudukan Catatan Sipil yang mencapai Rp 12 miliar hingga anggaran renovasi rumah dinas gubernur sekitar Rp 2,4 miliar.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Sulha Handayani