• News

  • Peristiwa

Aneh bin Ajaib, Pria Ini Miliki Kaki Kiri dengan 9 Jari

Seorang pria Tiongkok lahir dengan sembilan jari kaki di kaki kirinya.
Dailymail
Seorang pria Tiongkok lahir dengan sembilan jari kaki di kaki kirinya.

LUFENG, NETRALNEWS.COM - Seorang pria Tiongkok lahir dengan sembilan jari kaki di kaki kirinya. Dikenal miliki panggilan Ajun, dia menghabiskan masa kecilnya dengan menghindari interaksi sosial. Laki-laki berusia 21 tahun ini bahkan membuang sandalnya dan merasa tidak berharga.

Sekarang, dia telah diberikan kesempatan hidup baru setelah dokter melakukan tindakan operasi, untuk membebaskannya dari empat jari kaki tambahan yang telah membebani dirinya selama dua dekade.

"Saya berhenti memakai sandal di luar sejak tahun ketiga saya di sekolah dasar. Saya tidak pernah punya pacar karena saya tidak sempurna. Saya tidak pernah berpikir akan menemukan orang yang ingin bersama saya," kata dia, dilansir dari laman Daily Mail, Jumat (1/11/2019).

Orang tua Ajun mempercayai takhayul dan tidak ingin jari kaki anaknya dihilangkan karena peramal memberi tahu mereka bahwa itu adalah pertanda baik. Ajun, dari Kota Lufeng, Tiongkok Selatan lantas bertekad untuk melepaskan diri dari kelainan bentuk dan mencari bantuan medis. 

Foto-foto dan sinar-X dari pra-operasi kakinya menunjukkan kepada dokter tingkat keparahan deformitas. Jari yang lebih kecil tumbuh di antara jari-jari kakinya yang normal. Selain itu dia juga tidak memiliki jempol kaki.

Dr Wu Xiang, dari Rumah Sakit Bedah Shunde Heping di Foshan, mengatakan pihaknya menghabiskan sembilan jam mengoperasi Ajun, menempa jempol kaki baru dan memotong jumlah jari yang ekstra.

"Rumah sakit lain akan menghilangkan jari kakinya yang paling luar. Itu akan menjadi solusi termudah, tetapi itu tidak akan terlihat yang terbaik. Ujung jempolnya yang paling alami ada di luar, jadi kami memutuskan untuk memindahkannya ke posisi yang paling ideal," jelas Dr Wu.

Untuk diketahui Polydactyly adalah nama ilmiah karena miliki tambahan jari di tangan dan kaki. Mempengaruhi satu dari setiap 700 hingga 1.000 di seluruh dunia.

Itu terjadi selama minggu keenam atau ketujuh kehamilan, di mana janin tengah dalam proses membagi menjadi jari-jari tangan dan kaki.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Nazaruli