• News

  • Peristiwa

HOPE Worldwide Indonesia Perkenalkan Permainan Tradisional untuk Anak-Anak Indonesia

HOPE Worldwide Indonesia memperkenalkan berbagai permainan tradisional bagi anak-anak Indonesia
Dokumen NNC/Martina Rosa Dwi Lestari
HOPE Worldwide Indonesia memperkenalkan berbagai permainan tradisional bagi anak-anak Indonesia

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - HOPE Worldwide Indonesia memperkenalkan berbagai permainan tradisional bagi anak-anak Indonesia. Perkenalan dilakukan melalui penyelenggaraan acara dengan tema 'Gerakan Indonesia Bermain'.

Acara terselenggara melalui kerjasama HOPE Worldwide Indonesia dengan Generali, PTINDO, PTI, dan PTBI. Acara dihadiri oleh 1.500 orang, diantaranya terdiri dari anak-anak yang duduk dibangku sekolah kelas 1 SD hingga XII SMA. 

Ketua Pengurus HOPE Worldwide Indonesia Lucas Sanjaya turut menyambut kehadiran anak-anak yang hadir ke lokasi acara di GOR  Sumantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan. Anak-anak hadir mengenakan pakaian seragam merah dan senyum sumringah karena seharian akan melakukan aktivitas main. 

"Melalui 'Gerakan Indonesia Bermain', kami ingin mengajak anak-anak Indonesia untuk bermain permainan tradisional. Selamat bermain," kata Lucas saat memberi sambutan dan disambut tepukan meriah anak-anak yang sudah berbaris di stadion bola GOR  Sumantri Brodjonegoro, Minggu (3/11/2019).

Acara juga turut dihadiri oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto, Alice Arianto dari Perkumpulan Terapi Bermain Indonesia, dan CEO PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia Edy Tuhirman.

Dijelaskan Alice, ada lima misi 'Gerakan Indonesia Bermain' yakni ingin menciptakan generasi emas Indonesia pada 2045. Menurutnya, anak-anak adalah harapan keluarga namun juga generasi emas yang berupaya gapai cita-cita bangsa.

Kedua, acara diselenggarakan untuk menjalankan hak anak yaitu bermain. Bermain juga sangat baik bagi kesehatan fisik, mental, dan emosi.

"Mari kita terus bermain karena itu mampu mempererat hubungan orang tua dan teman. Di zaman sekarang kita percaya bahwa hubungan orang tua dan anak perlu dikembalikan," kata dia.

Bermain juga jadi upaya untuk memperkenalkan budaya Indonesia yang luar biasa yaitu budaya kebersamaan, bersosial, dan bekerjasama. Selain itu bermain permainan tradisional juga jadi langkah melestarikan permainan yang sangat kaya budaya.

Beberapa permainan yang diselenggarakan dalam 'Gerakan Indonesia Bermain' adalah lompat tali, mewarnai dan bermain layangan, estafet sarung, kelereng, susun gelas, dan masih banyak lagi.

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sesmawati