• News

  • Peristiwa

Menkes Ajak Anak Indonesia Main Permainan Tradisional Nusantara

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto
Dokumen NNC/Martina Rosa Dwi Lestari
Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Di tengah perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, banyak Anak Indonesia akrab dengan berbagai permainan canggih lewat gawai. Permainan ini lantas diakui membuat anak kurang melakukan aktivitas fisik dan kurang interkasi antar teman dan keluarga. 

Keadaan ini tentu berbeda dengan Anak Indonesia jaman dulu yang gemar bermain permainan tradisional nusantara. Seperti masa kecil yang dilalui Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto

"Main permainan tradisional menjadi sehat, bisa bergaul dengan teman-teman. Ada permainan gobak sodor, loncat tali, petak umpet. Banyak," kata Menkes Terawan di GOR  Sumantri Brodjonegoro, Minggu (3/11/2019).

Pernyataan itu disampaikan Menkes dalam acara yang bertema 'Gerakan Indonesia Bermain'. Acara terselenggara melalui kerjasama HOPE Worldwide Indonesia dengan Generali, PTINDO, PTI, dan PTBI. Acara dihadiri oleh 1.500 orang, diantaranya terdiri dari anak-anak yang duduk dibangku sekolah kelas 1 SD hingga XII SMA. 

Lebih lanjut Menkes Terawan yakin dalam acara tersebut anak-anak akan diajarkan dan diingatkan berbagai permainan tradisional nusantara. Menkes juga ingatkan, apabila selesai bermain untuk tidak lupa makan makanan bergizi dan sehat sehingga bisa bermain kembali. 

"Kalau hanya main, lupa makan, tidak bisa bermain lagi karena sakit, karena lelah. Jadi harus makan, minum teratur dan cukup supaya tidak mudah sakit," imbau Terawan pada anak-anak.

Diungkapkan Terawan bahwa dulu dia kerap minum air melalui kendi, namun sekarang yang familiar digunakan adalah tumbler. Keduanya baik karena bisa menampung air minum untuk cukupi hidrasi tubuh dan mengurangi penggunaan plastik.

Diakhir sambutannya Terawan harap berbagai permainan tradisional nusantara yang telah dimainkan dalam acara tersebut bisa dilanjutkan di rumah. Permainan bisa dilakukan bersama tetangga dan saudara, melalui teknik dan beragaman permainan nusantara yang sudah diperkenalkan.

"Anak-anakku, selamat bermain. Selamat bekerjasama dengan anak-anak yang lain dan semakin mengenal mainan nusantara," imbau Terawan.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sesmawati