• News

  • Peristiwa

Ada Api di Kerah Putihmu Bakal Dipentaskan di UI

Ada Api di Kerah Putihmu bakal dipentaskan di UI.
Dok: UI
Ada Api di Kerah Putihmu bakal dipentaskan di UI.

DEPOK, NETRALNEWS.COM - Program Studi Inggris Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia bakala memberikan suguhan pementasan drama  Kelas Kajian Drama dan Teater Inggris dengan tema Ada Api di Kerah Putihmu. Acara tersebut akan berlangsung pada 20 Desember 2019 pukul 18.00-21.00, Auditorium Gedung IX FIB UI, Depok.

Ketua Pelaksana Fernanda Rizkianita, menjelaskan program teater ini bertujuan untuk memenuhi syarat tugas akhir mata kuliah Kajian Drama dan Teater Inggris.

“Selain itu juga melestarikan budaya pertunjukkan teater dan mengangkat kesadaran mengenai konflik atau masalah yang terjadi di kehidupan sehari-hari manusia,” ujar Fernanda pada Netralnews, Kamis (12/12/2019).

Ada Api di Kerah Putihmu bercerita mengenai Handoko, seorang pengusaha yang membakar hutan demi kepentingan perkebunan kelapa sawitnya.
Konflik muncul ketika seorang reporter anonim mengancam untuk menyebar bukti pembakaran—menguak sisi gelap bisnisnya yang belasan tahun ia coba sembunyikan. Di saat yang sama, anaknya mulai terlibat dalam aktivisme peduli lingkungan, dan meminta bantuan dana dari si pengusaha untuk menyediakan kebutuhan logistik dan obat-obatan bagi relawan dan penduduk di sekitar hutan yang terkena ISPA.

Kajian Drama dan Teater Inggris, Program Studi Inggris, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia merupakan  mata kuliah wajib bagi mahasiswa semester 7 Program Studi Inggris FIB UI.

Sejak ditetapkan sebagai mata kuliah wajib, kelas Kajian Drama dan Teater Inggris sudah menampilkan 24 pementasan yang menarik antusiasme banyak penonton dari seluruh UI dan luar UI.

Pementasan Teater Ada Api di Kerah Putihmu merupakan sebuah pementasan yang diadakan oleh mahasiswa dan mahasiswi di kelas Kajian Drama dan Teater Inggris, Program Studi Inggris, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia. Pementasan teater ini berada di bawah bimbingan langsung pengajar kelas Kajian Drama dan Teater Inggris FIB UI yang juga merupakan salah satu maestro teater ternama se-Indonesia, I. Yudhi Soenarto, M.A.

Editor : Sulha Handayani