• News

  • Peristiwa

Soal Data Riset di Indonesia, Ini Kata Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo.
Twitter Joko Widodo
Presiden Joko Widodo.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa hasil riset yang dihasilkan di lembaga-lembaga riset dan universitas harus tersambung dengan dunia industri, sehingga bisa diproduksi secara massal dan segera dirasakan manfaatnya langsung oleh masyarakat, oleh dunia usaha. 

Menurut Presiden, dirinya juga mencatat bahwa industri nasional ternyata telah mampu membuat berbagai produk dengan teknologi unggulan, semuanya dari dalam negeri, di antaranya Drone Puna Male Elang Hitam, ini kolaborasi antara BPPT, BUMN, TNI, dan Kementerian Pertahanan. 

”Kemudian juga Katalis Merah Putih, ini bahan konversi CPO ke bahan bakar nabati yang dikembangkan oleh ITB dan Pertamina. Ini juga sudah saya lihat,” ujar Presiden saat memimpin Rapat Terbatas tentang Hilirisasi Industri Produk-Produk Unggulan, Kamis (6/2/2020).

Kepala Negara juga melihat produk dalam negeri saat rapat mengenai alutsista di PT PAL, Surabaya, kemudian juga saat Rakornas Ristek/BRIN di Puspiptek, Serpong. 

Selain itu, Presiden juga mencontohkan teknologi konstruksi kapal untuk Pelat Datar yang memungkinkan membuat kapal nelayan yang dijamin aman, namun dengan harga yang lebih murah, juga stem cell ortopedi yang dikembangkan oleh UI dan RSCM. 

Pengembangan produk-produk teknologi unggulan ini, menurut Presiden, tidak bisa berdiri sendiri.

”Pertama, perkembangan teknologi produk unggulan tersebut perlu mendapatkan dukungan pendanaan riset yang memadai sehingga tidak setengah-setengah,” ujarnya. 

Reporter : PD Djuarno
Editor : Nazaruli