• News

  • Peristiwa

Ridwan Kamil Gratiskan SPP SMA, SMK dan SLB, Bagaimana di MA dan Sekolah Swasta?

Ridwan Kamil gratiskan SPP SMA, SMK, dan SLB di Jabar.
Edunews
Ridwan Kamil gratiskan SPP SMA, SMK, dan SLB di Jabar.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kabar gembira datang dari dunia pendidikan di Jawa Barat (Jabar), pasalnya Gubernur Jabar Ridwan Kamil tetapkan sekolah gratis mulai tahun ajaran baru Juli 2020 ini.

"Kabar Gembira untuk para orang tua siswa SMA/ SMK/SLB. Sekolah-sekolah ini sesuai kewenangan Provinsi," kata Ridwan Kamil, dikutip dari unggahannya, Rabu (10/6/2020)

Kata Ridwan Kamil, walau ekonomi jatuh oleh Covid-19, namun Pemprov Jabar sesuai komitmen tetap menganggarkan 1,42 Triliun untuk Sekolah Gratis berupa pembebasan biaya luran Bulan Peserta Didik (IBPD) atau dulu disebut SPP.

"Untuk siswa sekolah swasta dan MA diberi bantuan walau tidak penuh. Dan atas nama Sila ke-5, siswa tidak mampu yang bersekolah di swasta akan diberi bantuan penuh," jelas Kang Emil, sapaan akrabnya.

Untuk Mahasiswa Jabar kuliah di Jabar, dipersilahkan menggunakan beasiswa total Rp 50 Miliar. "Silakan tanya ke PT masing-masing," sambung Kang Emil.

Kang Emil harap, cerita bersejarah untuk Jabar ini akan membawa lompatan bagi kemajuan masa depan Jabar.

Sebagai informasi, Provinsi Jabar memberi bantuan berupa Hibah Bantuan Pendidikan Menengah Universal (BPMU) kepada SMA/SMK/SLB Swasta dan MA. Besarannya Rp 550.000/ siswa/tahun, yang bertujuan untuk meringankan luran Bulanan Peserta Didik.

Khusus Peserta Didik yang berasal dari keluarga tidak mampu yang mengikuti PPDB pada SMA/SMK Negeri namun tidak diterima, luran Bulanan Peserta Didik tersebut sepenuhnya dibiayai oleh Provinsi Jabar sesuai luran Bulanan pada sekolah yang bersangkutan.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani