• News

  • Peristiwa

Otto Desak DPR Buat UU Perlindungan Data, Begini Komentar Denny

Otto desak DPR buat UU perlindungan data, Begini Komentar Denny
Ekrut
Otto desak DPR buat UU perlindungan data, Begini Komentar Denny

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pengacara Otto Hasibuan langsung bergerak cepat setelah ditunjuk menjadi kuasa hukum Denny Siregar dalam kasus kebocoran data pribadi di Operator Selular plat merah, Telkomsel. Otto, dalam keterangan tertulisnya kepada media, mendesak DPR agar segera merealisasikan UU Perlindungan Data Pribadi.

Opini Otto tersebut segera diamini oleh Denny. Menurutnya, UU ini perlu agar tidak muncul korban-korban lain seperti dirinya.

"Biar jangan ada korban2 yang lain..," tulis Denny di akun Twitternya, Sabtu (18/7/2020).

Sementara menurut Otto, kasus Denny melawan Telkomsel ini adalah contoh nyata jika perlindungan data pribadi belum maksimal di Indonesia.

 "Pembukaan data pribadi menjadi tidak aman dan tidak ada rahasia. Kami mendorong DPR RI membuat UU perlindungan data pribadi. Peristiwa ini tidak hanya untuk Denny Siregar tapi untuk lainnya untuk kepentingan orang banyak," ujar Otto Hasibuan, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (18/7).
 
Menurut Otto Hasibuan, perbuatan ini pidana dan bisa dituntut secara pidana dan perdata.

"Jangan hanya tanggung jawab sipekerja. Tapi majikan turut bertanggung jawab terhadap kejadian ini dalam hal ini Telkomsel. Kami mengharapkan Bareskrim mau mengungkap jangan hanya berhenti di outsourcing aja. Siapa yang lalai atau siapa memberi perintah buka data harus diselidik polisi," ujar Otto.

Denny Siregar merupakan pegiat media sosial kondang, sehingga selalu menjaga data pribadi. Pernyaatan Denny kerap kontraversial di media sosial. Dia menduga data pribadinya dibocorkan telkomsel sehingga banyak sekali kiriman barang setiap hari ke rumahnya.

Ada 4-5 kali kiriman per hari ke rumahnya dengan sistem pembayaran COD yang meminta rumah untuk membayar."Rencana Senin kami somasi Telkomsel. Mengajak Telkomsel memperbaiki sistem supaya tidak kebocoran data. Secara hukum merupakan tanggung jawab Telkomsel sebagai badan hukum," kata Otto Hasibuan yang menjadi kuasa hukum Denny Siregar.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Sulha Handayani