• News

  • Peristiwa

Isu Rakyat Timor Leste Ingin Kembali ke Pelukan Ibu Pertiwi, Ferdinand Malah Bilang Begini

Politisi Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean
Istimewa
Politisi Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Poltisi Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean mengomentari sebuah judul berita "Isu Rakyat di Timor Leste: Jika ada Kesempatan Kedua, Kami Ingin Kembali ke Pelukan Ibu Pertiwi".

Terkait hal itu Ferdinand menyesalkan atas lepasnya Timor Leste yang sewaktu masih bergabung dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bernama Timor-Timur ini.

Selain menyesali Ferdinand juga prihatin dengan keadaan Timor Leste yang berada di peringkat 152 negara sebagai negara termiskin di dunia dari 162 negara.

Hal ini disebabkan karena Timor Leste merupakan sebuah wilayah yang tidak mempunyai Sumber Daya Alam yang memadai jadi begitu sulit untuk berkembang dan maju.

Ini semua akibat nasionalisme sempit yang tidak melihat realita akhirnya kesulitan.

"Timor Leste ini sebuah wilayah tak punya sumber daya alam memadai, tanah tak begitu subur bahkan kering. Inilah akibat dari nasionalisme sempit yg tak melihat realita akhirnya kesulitan," tulis Ferdinand, Rabu (2/9/2020).

Namun di balik itu, jika memang Timor Leste ingin kembali bergabung dengan Indonesia, Ferdinand pun secara pribadi sangan mendukung.

"Secara pribadi sy mendukung Timor Leste kembali ke Indonesia," tulis Ferdinand, Rabu (2/9/2020).

Sebelumnya Timor Leste merupakan bagian dari NKRI yang bergabung pada tahun 1976.

Namun, seiring berjalannya waktu, Timor Leste menilah Indonesia sebagai negara penjajah.

Melalui refrendum yang dimotori Australia dan Portugal, tepat tanggal 30 Agustus 1999 Timor Leste resmi berpisah dari Indonesia.

Kini 21 tahun sudah Timor Leste berdiri sendiri sebagai negara merdeka. Namun bukannya makmur, Timor Leste malah terpuruk menjadi negara termiskin di dunia.

Editor : Sesmawati