• News

  • Peristiwa

Rencana Pemerintah Tempatkan Sejarah jadi Pelajaran Pilihan,JJ Rizal: Dasar Rezim Hipokrit

Budayawan J Rizal.
Whiteboard Journal
Budayawan J Rizal.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merencanakan untuk menempatkan mata pelajaran sejarah sebagai mata pelajaran pilihan di sekolah menengah atas, bahkan menghilangkannya di tingkat sekolah menengah kejuruan.

Rencana perubahan pendidikan sejarah di SMA/SMK masuk dalam draf sosialisasi Penyederhanaan Kurikulum dan Asesmen Nasional tertanggal 25 Agustus 2020.

Rencana penyederhanaan kurikulum tersebut dipertanyakan banyak kalangan. Salahsatunya Budayawan, JJ Rizal. Dalam akun Twitternya, Rizal menyayangkan rencana perubahan pendidikan sejarah.

Ia pun menyebut, pemerintahan saat ini merupakan sebuah rezim hipokrit, yang tak hanya meninggalkan sejarah, tapi dihilangkan

"Inilah tragedi pemerintah yg ngakunya pengikut sukarno, memuja-muji setinggi langit bahkan memberhalakannya, tapi dlm prilaku mengkhianati pesannya yg sangat terkenal jangan sekali-kali meninggalkan sejarah," kata Rizal dalam akun Twitternya, @JJRizal.

"dasar rezim hipokrit, ga cukup sejarah ditinggalkan tp mau dihilangkan," lanjutnya.

Sebelumnya Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Maman Fathurrohman mengatakan penyederhanaan kurikulum masih dalam pembahasan dan belum final.

Kementerian, kata dia, terbuka jika ada masukan dan juga usulan dari kalangan akademisi dan para guru.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Sulha Handayani