• News

  • Peristiwa

Bakal Gabung Partai Ummat? Novel PA 212: Belum Tahu Arah Partai Itu Kemana

Bakal Gabung Partai Ummat? Novel PA 212: Belum Tahu Arah Partai Itu Kemana
PA 212
Bakal Gabung Partai Ummat? Novel PA 212: Belum Tahu Arah Partai Itu Kemana

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Wasekjen Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Bamukmin menegaskan, sampai saat ini PA 212 tidak mendukung partai politik (parpol) manapun.

Pernyataan itu disampaikan Novel saat ditanya terkait potensi bergabungnya PA 212 dalam Partai Ummat bentukan Amien Rais.

"Sampai saat ini PA 212 tidak mendukung satu partai manapun," kata Novel kepada netralnews.com, Sabtu (3/10/2020).

Pasalnya, Novel mengungkapkan, saat ini PA 212 berbeda sikap dengan semua parpol terkait Pilkada Serentak 2020 yang disebutnya sebagai 'pilkada maut' lantaran dihelat di tengah pandemi Covid-19.

Dijelaskannya, jika semua parpol ikut berkompetisi di Pilkada 2020, maka PA 212 justru menyerukan agar seluruh rangkaian atau tahapan proses Pilkada, dihentikan.

Alasan tersebutlah yang membuat PA 212 tidak mendukung parpol untuk saat ini. "Karena semua partai yang ada saat ini semuanya ikut dalam pertarungan pilkada, sedang PA 212 tidak mau terlibat dalam Pilkada maut itu," ujar Novel.

Sementara untuk Partai Ummat sendiri, lanjut Novel, PA 212 belum menentukan sikap. Apalagi pihaknya belum mengetahui arah perjuangan partai tersebut.

"Dan Partai Ummat kan juga belum tentu masuk dalam kancah pesta demokrasi pada tahun 2024. Jadi kami belum tau arah partai itu mau kemana," pungkas Wakil Ketua Dewan Muzakarah GPMI DKI Jakarta itu.

Sebelumnya, Amien Rais mengumumkan nama partai baru yang ia dirikan melalui akun YouTube-nya, Amien Rais Official, Kamis (1/10/2020).

"Mukaddimah Partai Ummat," kata Amien Rais menyebut nama partainya.

Pendiri PAN itu mengatakan bahwa Partai Ummat bertekad melawan kezaliman dan menegakkan keadilan di negeri ini.

"Partai Ummat Insya Allah bertekad akan bekerja dan berjuang bersama anak bangsa lainnya melawan kezaliman dan menegakkan keadilan," ujarnya.

Amien menyebut, Partai Ummat akan bekerja dan berjuang memegang teguh Pancasila, UUD 1945 dan semua aturan demokrasi universal.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sulha Handayani