• News

  • Peristiwa

Pengamat: Amien Rais Akan Mendominasi Gerak Partai Ummat

Pendiri Partai Ummat Amien Rais.
Youtube
Pendiri Partai Ummat Amien Rais.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pengamat politik Karyono Wibowo berpendapat, gerak Partai Ummat akan didominasi oleh sikap dan pemikiran sang pendirinya, yakni Amien Rais.

"Nampakanya, sikap politik dan pemikiran Amien berpotensi akan mendominasi gerak partai tersebut. Sehingga Ibarat kapal, kemana akan berlabuh, akan tergantung kepada nahkodanya, yaitu Amien Rais," kata Karyono kepada netralnews.com, Jumat (2/10/2020).

Menurut Direktur Eksekutif Indonesian Public Institute (IPI) itu, ada plus minusnya menggantungkan arah dan gerak Partai Ummat kepada sosok Amien Rais.

"Plusnya, mungkin masih bisa menampung suara yang kecewa dengan PAN pimpinan Zulkifli Hasan dan sebagian suara yang tidak puas dengan pemerintah saat ini," ujar Karyono.

"Sedangkan minusnya adalah menurunnya pamor Amien Rais dan meningkatnya sentimen negatif terhadap sosok yang menjadi salah satu lokomotif reformasi tersebut," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, politisi senior Amien Rais secara resmi mengumumkan nama partai baru yang didirikannya yaitu Partai Ummat.

"Mukaddimah Partai Ummat," kata Amien memperkenalkan nama partai itu melalui akun YouTube-nya, Amien Rais Official, Kamis (1/10/2020).

Mantan pendiri PAN itu mengatakan bahwa Partai Ummat bertekad melawan kezaliman dan menegakkan keadilan di negeri ini.

"Partai Ummat Insya Allah bertekad akan bekerja dan berjuang bersama anak bangsa lainnya melawan kezaliman dan menegakkan keadilan," ujarnya.

Amien juga menyebut bahwa Partai Ummat akan bekerja dan berjuang memegang teguh Pancasila, UUD 1945 dan semua aturan demokrasi universal.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sulha Handayani