• News

  • Peristiwa

P3S: Partai Ummat Bisa Jadi Kendaraan Politik Gatot Nurmantyo Menuju Pilpres 2024

Pengamat politik Jerry Massie b
Malang Times
Pengamat politik Jerry Massie b

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pengamat politik Jerry Massie berpendapat, Presidium Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Gatot Nurmantyo punya peluang bergabung dengan Partai Ummat bentukan Amien Rais

"Ya Gatot punya kans masuk Partai Ummat, apalagi salah satu orang dekat Amien menyebut ada dari KAMI yang akan bergabung," kata Jerry kepada netralnews.com, Sabtu (3/10/2020). 

Menurut Jerry, Gatot bisa menjadikan Partai Ummat sebagai kendaraan politiknya jika ingin bertarung di Pilpres 2024 mendatang. 

"KAMI bukan partai, jika mau terjun ke politik praktis. Jadi Partai Ummat saya perkirakan menjadi kendaraan politik untuk ditumpangi," ujar Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) itu.

Jerry menambahkan, di Pilpres 2019 lalu, mantan Panglima TNI itu telah mensosialisasikan dirinya untuk ikut bertarung di pesta demokrasi lima tahunan itu, namun terkendala kendaraan politik alias tidak ada parpol yang mengusungnya. 

Kini, lanjut Jerry, peluang Gatot maju Pilpres 2024 terbuka lebar dengan kehadiran Partai Ummat. "Sebetulnya Gatot sudah sosialisasi politik di pilpres lalu tapi sayang tak ada kendaraan politik. Tapi kali ini bakal terbuka," pungkasnya. 

Diketahui, Partai Ummat dideklarasikan Amien Rais melalui akun YouTube-nya, Kamis (1/10/2020). Amien menyebut Partai Ummat didirikan untuk melawan kezaliman dan menegakkan keadilan di negeri ini lewat jalur politik. 

Amien Rais juga menyatakan bahwa Partai Ummat akan bekerja dan berjuang memegang teguh Pancasila, UUD 1945 dan semua aturan demokrasi universal. 

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Nazaruli