• News

  • Peristiwa

Polimedia Gelar Acara Dies Natalis ke-12 

Acara dies natalis ke-12 Poltiknik Negeri Media Kreatif.
Istimewa
Acara dies natalis ke-12 Poltiknik Negeri Media Kreatif.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia) merayakan hari jadinya yang ke-12, pada Kamis 8 Oktober 2020.

Pada hari jadinya ini, Polimedia memilih tema “Politeknik Negeri Media Kreatif Maju akan Memperkuat Pendidikan Tinggi Vokasi untuk Indonesia yang Lebih Baik”. Tema ini dipilih untuk mendorong dan memotivasi seluruh sivitas Polimedia agar tetap memberikan kualitas layanan pendidikan yang baik meskipun dalam suasana yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Acara Dies Natalis dimulai dengan pembukaan pada pukul 10.00 WIB, dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Laporan Dies Natalis dari panitia, sambutan Direktur Polimedia (Dr. Purnomo Ananto, M.M), ceramah oleh Dr. KH. Syarif Rahmat,R.A, pemotongan tumpeng sekaligus peresmian penggunaan lantai 9, 10, dan 11 Polimedia Tower oleh Direktur Polimedia. Di akhir acara panitia menampilkan video ucapan Dies Natalis 12 tahun Politeknik Negeri Media Kreatif.

Pada kesempatan ini juga, Direktur Polimedia menyampaikan bahwa suasana iklim pendidikan nasional yang berbeda saat ini menimbulkan adanya perubahan-perubahan kebijakan yang berada di bawah Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, menjadi bagian dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kebijakan-kebijakan tersebut juga sangat berpengaruh terhadap suasana akademik di perguruan tinggi.

Perubahan kebijakan ini, misalnya kebijakan Kampus Merdeka: Merdeka Belajar yang memberikan opsi dan hak kepada mahasiswa untuk belajar di luar kampus, menuntut respon yang cepat dan tepat oleh kita semua.

Sebagai salah satu pendidikan tinggi vokasi di Indonesia, Politeknik Negeri Media Kreatif memiliki peran yang cukup strategis dalam mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi vokasi. Saat ini Polimedia sedang bekerja keras merevisi kurikulum yang memungkinkan implementasi kebijakan pemerintah tersebut pada semester mendatang.

Selain itu,  Polimedia juga telah bekerja keras untuk meningkatkan kerjasama baik dengan dunia Usaha, dunia Industri dan dunia kerja (DUDIKA) yang dapat dijadikan tempat mahasiswa melakukan program praktik pengalaman lapangan, praktik industri, ataupun magang. Sebagai perguruan tinggi negeri vokasi Polimedia juga telah berkomunikasi dan berkoordinasi dengan industri-industri besar, menengah dan kecil di Indonesia sebagai awal implementasi kebijakan ini.

Terkait dengan kualitas layanan pendidikan, Politeknik Negeri Media Kreatif memiliki komitmen yang kuat untuk meningkatkan mutu layanan pendidikan dan memperluas peran, tidak saja dalam tataran nasional, tetapi juga di kancah regional, dan internasional. Peningkatan layanan pendidikan kepada mahasiswa ditandai dengan upaya penyediaan fasilitas akademik baik berupa peralatan, ruang kuliah, ataupun laboratorium.

Di kancah internasional Polimedia juga berusaha mencari strategi baru agar masuk dalam jajaran perguruan tinggi vokasi yang disegani.

Upaya yang telah dilakukan di antaranya adalah dengan peningkatan jumlah dan kualitas penelitian dan artikel ilmiah yang ditulis oleh dosen, memperkuat dan mengembangkan kerja sama luar negeri – baik yang berupa joint research, joint publication, dan joint conference. POLIMEDIA juga mendorong kerja sama dalam hal student exchange, joint curriculum, transfer credit, serta penyelenggaraan short course.

Dalam kesempatan ini juga, Direktur Polimedia mengajak kepada seluruh sivitas akademika Polimedia untuk mengambil langkah yang tidak biasa dalam mengatasi pandemi Covid-19. Perubahan ke arah yang luar dari kebiasaan ini dapat diawali dengan perubahan pola pikir dan budaya kerja.

Permasalahan yang extra ordinary ini harus dihadapi dengan cara-cara extra ordinary. Ia juga terus mengingatkan kepada kita semua agar tetap menerapkan pola hidup baru dengan mematuhi protokol kesehatan secara disiplin dan tertib seperti selalu memakai masker, menjaga jarak, dan menjalani pola hidup sehat dengan selalu makan makanan bergizi disertai olahraga dan istirahat yang cukup. 

Polimedia sebagai politeknik negeri vokasi menghasilkan lulusan untuk kebutuhan industri kreatif saat ini sudah memiliki 14 program studi yang terbagi dalam empat jurusan, diantaranya: Jurusan Teknik Grafika, Jurusan Penerbitan, Jurusan Desain, dan Jurusan Pariwisata.

Selain itu Polimedia juga memiliki Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) yang berada di Medan dan Makassar untuk memenuhi kebutuhan pendidikan vokasi di wilayah barat dan timur. Pada tahun 2020 ini, Polimedia menerima lebih dari 1.900 mahasiswa baru dari berbagai wilayah di Indonesia. 

 

Editor : Irawan.H.P