• News

  • Peristiwa

Rocky: Bagi Pengikutnya, Rizieq Pembawa Pesan Damai, Kebenaran dan Perubahan Politik

Rocky Gerung.
Rocky Gerung.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pengamat Politik Rocky Gerung menilai, Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab menjadi orang yang ditunggu-tunggu kehadirannya di Indonesia oleh pengikutnya. Rizieq ditunggu sebagai penghantar pesan kebenaran, kedamaian, dan perubahan politik. 

Rocky katakan, dalam psikologi politik, semakin orang tersebut disembunyikan, semakin glorifikasi berlangsung. Menurut Rocky, konsep itu disadari oleh pemerintah, ditambah orang-orang yang terbuka meminta Habib Rizieq dikembalikan. 

"Oleh pengikutnya (Rizieq) ditunggu sebagai messenger of true, messenger of peace, messenger of political changer," kata Rocky, dikutip dari tanggapan di kanal Youtubenya, Kamis (22/10/2020).

Lebih lanjut Rocky sampaikan pengalaman pribadinya yang keliling Jawa Barat (Jabar) dan poster Habib Rizieq tersebar di mana-mana. Dia pertanyakan, siapa yang memasang, apakah sukarela atau pancingan intelijen. 

Di sisi lain, diakui Rocky, pengikut Habib Rizieq banyak. Rizieq di cap oleh Rocky sebagai fakta politik, bukan sekedar subjek kontroversial. 

Bagi Rocky, pemerintah perlu membaca keadaan itu di dalam keadaan Indonesia sendiri yang tengah mengalami turbulensi. Menurut Rocky, sedang terjadi kepanikan kekuasaan yang terlihat. 

"Kesalahan kekuasaan diawal adalah menganggap rezim ini stabil sehingga Habib Rizieq bisa kita screen out sebagai non faktor. Kira-kira begitu pikiran kekuasaan kan," kata Rocky.

Tapi sekarang berubah, ternyata ada krisis ekonomi, kesehatan, dan lainnya sehingga orang semakin berharap agar Rizieq memimpin perubahan dan memberikan ide alternatif. "Itu soal biasa dalam psikologi sosial manusia," sambung dia. 

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan.H.P