• News

  • Peristiwa

Isu Rizieq ke Indonesia, RG: Bola Panas Pemerintahan Jokowi, Luar Biasa Kegugupan Istana

Rocky Gerung di Gunung Papandayan.
Rocky Gerung di Gunung Papandayan.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pengamat Politik Rocky Gerung angkat bicara terkait isu kepulangan Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab ke Indonesia. 

Rocky menilai, ada kegugupan dari Istana. Salah satu indikatornya adalah pernyataan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD yang seolah anggap itu tidak penting. 

"Yang luar biasa adalah kegugupan Istana. Statement Pak Mahfud MD seperti biasa, menganggap itu tidak penting. Kalau pulang, disilahkan," kata Rocky dikutip dari pernyataan di kanal Youtubenya, Kamis (22/10/2020).

Menurut Rocky, terlihat ketidakmampuan Istana mengolah isu-isu yang akan menempel dan bersilang dengan keadaan negeri ini yang tengah morat-marit secara ekonomi dan keamanan. "Itu konteksnya, kenapa Habib Rizieq jadi isu yang harus dibicarakan," sambung Rocky. 

Di sisi lain, Rocky percaya bahwa secara real time bisa mengakses Habib Rizieq dan sebaliknya, Habib Rizieq bisa mengakses keadaan dalam negeri. 

"Webinar, pidato virtual, ceramah, tausiah. Jadi keadaan kita betul-betul terhubung sebetulnya," kata Rocky. 

Keadaan itu membuat istilah "kembali" menjadi sangat politis. Pasalnya orang akan bertanya, begitu Habib Rizieq akan tiba di Bandara Soekarno-Hatta. Pertanyaan terkait apa yang akan terjadi, dan itu yang tidak bisa dihitung oleh kekuasaan hari ini.

Keadaan ini juga yang membuat orang bertaruh, terkait apakah pemerintah akan menolak atau menerima kepulangan Habib Rizieq. "Bola panas justru ada pada pemerintahan Jokowi," sambung Rocky. 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan.H.P