• News

  • Peristiwa

Moeldoko Sebut Penanganan Covid-19 Indonesia Lebih Baik dari AS, Tokoh Papua: Raja Klaim

Tokoh Papua, Christ Wamea
Twitter
Tokoh Papua, Christ Wamea

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Tokoh Papua Christ Wamea menanggapi pernyataan Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko yang menyebut, penanganan Covid-19 di Indonesia masih lebih baik dibanding AS.

Melalui akun Twitter @ChristWamea, dirinya menyebut Moeldoko sebagai raja klaim. "Raja klaim," tulis Christ.

Cuitan Christ ini pun mendapat tanggapan dari seorang netizen bernama, bluemoon. "Kalau pemerintah bilang baik ya baik... Kalau bilang buruk howak namanya..," kata bluemoon dalam akunnya, @Mulyadirana.

Sebelumnya Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko menilai penanganan Covid-19 di Indonesia lebih baik dibandingkan dengan di Amerika Serikat (AS).

"Kalau kita coba bandingkan penanganan Covid-19 dan juga ekonomi antara Indonesia dengan Amerika, biar agak ekstrem perbandingannya antara negara Indonesia dengan Amerika, Indonesia memiliki rasio ketersediaan dokter 0,38 per 1.000 penduduk," kata Moeldoko.

"AS 2,59 per seribu penduduk. Sangat jauh. Hampir lima kali. Berikutnya jumlah kasus Covid disana kurang lebih 8,5 juta. Kita masih belum jutaan," lanjut dia.

Adapun total tes usap yang dilakukan AS jauh lebih tinggi dibandingkan Indonesia. Total spesimen yang telah dites di AS sebanyak 128.65.157 atau 387.967 per 1 juta penduduk.

Sedangkan di Indonesia total spesimen yang telah dites sebanyak 4.167.210 atau 15.186 per 1 juta pendduduk. Untuk diketahui, penduduk AS sekitar 328 juta sedangkan Indonesia sekitar 268 juta jiwa.

Ia pun melanjutkan dari segi penanganan ekonomi di masa pandemi, Indonesia masih lebih baik daripada AS.

Hal itu terlihat dari pertumbuhan ekonomi Indonesia yang masih lebih aman dibandingkan AS.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Nazaruli