• News

  • Peristiwa

Dikira Hantu, Suami Tusuk Dada dan Leher Istri Hingga Tewas

Ilustrasi penusukan
Istimewa
Ilustrasi penusukan

BALGA, NETRALNEWS.COM - Seorang petugas kebersihan hotel bernama Upendra Ihalehewa (46) menikam istrinya Darshika Nilmini Kudaligama Withana di dada dan leher dengan pisau dapur. Kejadian terjadi di rumah mereka di Balga di utara Perth pada 3 Februari tahun lalu. 

Pengadilan mendengar Ihalehewa menderita skizofrenia paranoid. Ihalehewa lantas dinyatakan tidak bersalah atas pembunuhan atas dasar kesehatan mental. Hakim memutuskan dia dalam keadaan psikosis ketika dia melakukan tindakan pembunuhan.

Hakim Bruno Fiannaca mengatakan penyakit mental Ihalehewa membuatnya tidak memiliki kemampuan untuk bernalar secara rasional tentang apa yang benar atau salah. 

Dia mengatakan kepada polisi setelah penangkapan, bahwa istrinya muncul seolah-olah sepertu hantu. Ihalehewa juga mengklaim istrinya telah mengancam akan membunuh, seperti dikutip dari laman Daily Mail, Jumat (23/10/2020).

Pengadilan mendengar Withana mencoba memberi suaminya pijat kepala setelah pulang kerja. Pada saat itulah Ihalehewa dengan fatal menikam istrinya dengan serangan pisau yang terus-menerus.

Withana sebelumnya telah menghubungi saudara laki-laki suaminya setelah Ihalehewa berhenti minum obat.

Psikiater Dr Adam Brett menemukan bahwa tidak ada cukup bukti untuk mendukung teori Ihalehewa membunuh istrinya karena kecenderungan seksualnya atau bahwa dia ingin memulai hidup baru tanpa istrinya.

Pria itu lantas akan ditahan di fasilitas psikiatri sampai dianggap layak untuk dibebaskan.

Diketahui kejadian terjadi setelah pria itu berselingkuh dengan seorang pria juga yang ditemuinya di aplikasi kencan gay Grindr.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Nazaruli