• News

  • Peristiwa

Gus Nur Akhirnya Ditangkap Bareskrim, MLT: Tolong Komentarnya yang Sopan, Jangan...

Sugi Nur Raharja alias Gus Nur
Foto: Portal Islam
Sugi Nur Raharja alias Gus Nur

MALANG, NETRALNEWS.COM - Sugi Nur Raharja alias Gus Nur dikabarkan ditangkap tim Bareskrim Mabes Polri. Gus Nur ditangkap di rumahnya, daerah Pakis Malang Kabupaten, Jawa Timur, Jumat (23/10/2020).

Sontak berita tersebut heboh di sosial media. Akun FB @Mak Lambe Turah, Sabtu (24/10/20) ikut membagikan tautan dan cuitannya ramai ditanggapi warganet.

Mak Lambe Turah: tolong komentarnya yang sopan ya...jangan pake jancuk dobol jaran matamu picek!

Deki W. Susanto: #KriminalisasiDobol gk?

Respati Wulung: Tambal panci lem tikus obat kurap gatal gatal bisul

Kety Muryani: kenapa aq bahagia denger berita ini. apa cuma aq aj ya

Mutiara Purba: Jika dia mengakui menyesal /hilap /seketika atas omonganya Berarti orang ini mengakui ketololanya

Sebelumnya diberitakan, Andry Ermawan penasehat hukum Gus Nur saat dikonfirmasi membenarkan penangkapan tersebut. Namun, Andry belum bisa menjelaskan secara detail dalam penangkapan tersebut.

"Iya benar. Ada tim dari Bareskrim membawa surat penangkapan. Ditangkap di rumahnya tadi malam," terang Endy kepada Suara.com, Sabtu (24/10/2020).

Ditanya apakah Gus Nur ditangkap dalam kasus penghinaan NU yang viral di youtube, Andy memastikan bukan.

"Bukan mas. Ini kasus beda. Untuk itu saya bersama tim akan segera menindaklanjuti penangkapan dengan memastikan surat-surat penangkapan juga dalam kasus apa," jelasnya.

Saat ini, lanjut Andy, tim penasehat hukum masih membahas langkah-langkah yang akan diambil untuk menangani kasus Gus Nur.

"Hari ini akan kita rapatkan dengan tim untuk membahas penanganan kasus yang menimpa Gus Nur. Namun di Mabes sudah ada penasehat hukum dari kita yang sudah mendampingi," pungkasnya

Kronologi penangkapan

Sementara itu secara terpisah, Bareskrim Polri mengatakan bahwa Suri Nur Rahardja Alias Gus Nur telah ditangkap di Malang, Jawa Timur. Gus Nur ditangkap di kediamannya.

"Waktu penangkapan Sabtu, 24 Oktober 2020, pukul 00.00 WIB," kata Dirtipidsiber Bareskrim Brigjen Slamet Uliandi kepada detikcom, Sabtu (24/10/2020).

Gus Nur ditangkap di sebuah rumah yang beralamat di Pakis, Malang, Jawa Timur.

Gus Nur ditangkap atas laporan dari NU. Gus Nur dianggap telah menyebarkan informasi untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan yang bermuatan SARA dan penghinaan.

"Tindak pidana menyebarkan informasi untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan, menyebarkan informasi untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan berdasarkan atas SARA dan penghinaan," tutur Slamet.

Pernyataan Gus Nur yang dianggap menimbulkan rasa kebencian dan permusuhan tersebut disebarkan dalam akun YouTube MUNJIAT Channel pada 16 Oktober 2020.

Sebelumnya, Suri Nur Rahardja alias Gus Nur dilaporkan oleh Ketua Pengurus Nahdlatul Ulama (NU) Cabang Cirebon Azis Hakim ke Bareskrim Polri kemarin. Laporan itu bernomor

LP/B/0596/X/2020/BARESKRIM tanggal 21 Oktober 2020. Azis selaku pelapor mengatakan pihaknya melaporkan dengan dugaan tindak pidana penghinaan dan ujaran kebencian melalui media elektronik.

Azis menyebut Gus Nur bukan kali ini saja melontarkan ujaran kebencian terhadap NU.

"Bahwa Gus Nur ini sudah berkali-kali melakukan ujaran kebencian terhadap Nahdlatul Ulama. Tidak hanya sekarang ini, tapi sebelum-sebelumnya juga Gus Nur sudah melakukan dan sering melakukan ujaran kebencian terhadap Nahdlatul Ulama," tuturnya.

Editor : Taat Ujianto