• News

  • Peristiwa

Takut Timbulkan Korban, Musni Umar: Vaksin Sebaiknya Dicoba Para Pejabat, Baru Rakyat

Rektor Universitas Ibnu Chaldun (UIC), Musni Umar
Istimewa
Rektor Universitas Ibnu Chaldun (UIC), Musni Umar

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Sosiolog Musni Umar mengatakan, sebaiknya Vaksin Covid-19 dicoba para pejabat sebelum diberikan kepada rakyat. Dia juga meminta agar Vaksin Covid-19 aman dari aspek medis, sosiologis, dan syar'i.

Diketahui Musni, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (LBP) sempat mengatakan bahwa pemakaian vaksin kemungkinan ditunda, yang semula akan digunakan pada awal November.

Menurutnya, dipercepat atau ditunda, tidak terlalu menjadi persoalan. Terpenting, vaksin yang berasal dari berbagai negara, khususnya dari China harus aman dari aspek medis. 

"(Vaksin) harus melindungi bangsa kita. Jangan sampai setelah menggunakan vaksin, baik jangka panjang, menengah, pendek, ada korban," kata Musni, dikutip dari pernyataan di kanal Youtubenya, Minggu (25/10/2020).

Lebih lanjut Rektor Universitas Ibnu Chaldun ini menilai, diperlukan peran medis, ahli, epidemiolog yang dilibatkan dalam proses uji coba. Harapannya, vaksin tidak menimbulkan masalah ke depan. 

Menurut Musni, saat ini yang penting tidak hanya berpikir terkait investasi dan membuka lapangan pekerjaan semata. Sementara nanti yang tak diinginkan, menggunakan vaksin yang malah timbulkan bahaya. 

Ditegaskan Musni dalam UU, tujuan berbangsa dan bernegara adalah melindungi segenap tumpah darah Indonesia. Hal ini baginya sangat berkaitan dengan penggunaan Vaksin Covid-19.

"Vaksin Covid-19 sebaiknya dicobakan kepada para pejabat baru ke rakyat. Vaksin Covid-19 Harus Aman Medis dan Syar'i," kata Musni.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sesmawati