• News

  • Bisnis

Ternyata Inilah yang Paling Disukai Warga Malaysia dari Indonesia

Kosmetik  Wardah diekspor ke Malaysia.
Shopee
Kosmetik Wardah diekspor ke Malaysia.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Upaya Kementerian Perdagangan dalam menjaga kinerja ekspor nonmigas di tengah tekanan ekonomi global dan pandemi Covid-19 telah menunjukkan hasil yang menggembirakan.

Pada periode Januari—September 2020, neraca perdagangan Indonesia surplus sebesar USD 13,51 miliar yang dihasilkandari surplus sektor nonmigas sebesar USD 18,18 miliar dan defisit neraca sektor migas sebesar USD 4,66 miliar.

Surplus kumulatif ini bahkan sudah melampaui surplus perdagangan pada2017 yang mencapai USD 11,8 miliar, atau yang tertinggi sejak tahun 2012.

Hal ini disampaikan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto saat melakukan pelepasan enam kontainer ekspor PT Paragon Technology and Innovation (PTI) ke Malaysia periode Oktober 2020, untuk produk kosmetik dan perawatan wajah dengan merek Wardah senilai Rp22,9miliar. Pelepasan ekspor berlangsung hari ini, Senin (26/10) di PT PTI, di Kabupaten Tangerang, Banten.

“Kementerian Perdagangan terus melakukan berbagai langkah untuk menjaga kinerja ekspor nonmigas agar tidak turun tajam di tengah tekanan ekonomi globaldan pandemi Covid-19. Salah satunya dengan mengatur impor barang konsumsi secara selektif untuk melindungi pelaku usaha di dalam negeri sehingga surplus neraca perdagangan dapat terjaga selama lima bulan berturut-turut,”jelas Mendag, dalam siaran persnya, Selasa, (27/10/2020).

Selain pengaturan impor, Mendag juga memaparkan sejumlah kebijakan lain yang diambil Kemendag dalam menjaga kinerja perdagangan luar negeri tahun ini. Kebijakan tersebut,antara lain memberi stimulus ekonomi nonfiskal serta mengamankan ketersediaan alat kesehatan untuk mendukung upaya penanganan pandemi dan mendukung potensi kinerja ekspor alat kesehatan,sertamemanfaatkan forum kerja sama perdaganganinternasional demi mengurangi hambatan perdagangan yang justru menguat di masa pandemi.

Selain itu, Kemendag kini tengah menyiapkan gelaran Trade Expo Indonesia Virtual Exhibition yang dijadwalkan berlangsung pada 10—16 November 2020.

Editor : Sulha Handayani