• News

  • Peristiwa

Viral Video Pelaku Pembakar Halte Sarinah, WR: yang Bakar Kompetitor atau Hatersnya Anies?

Pegiat media sosial William Runturambi
Istimewa
Pegiat media sosial William Runturambi

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Pegiat media sosial William Runturambi mempertanyakan siapa aktor di balik pembakaran halte bus Trans Jakarta saat demo menolak UU Cipta Kerja belum lama ini. Menurut William, para pembakar halte itu bisa saja berasal dari kompetitor PT Trans Jakarta, atau malah para pembenci dari Gubernur Anies Baswedan.

“Melihat viral video pembakar Halte Bus Trans Jakarta saat demo yg belum lama,  pertanyaan gw adl : yg bakar2 itu competitor dari

@PT_Transjakarta atau hatersnya @aniesbaswedan atau manusia2 yg rindu membuat "api unggun" di jalan2 utama

@DKIJakarta?” tulis William di akun Twitternya, Jumat (30/10/2020).

Sebelumnya, fakta baru terkuak usai polisi memeriksa akun Youtube Narasi Newsroom. Dari penelusuran muncul tujuh sosok terduga pelaku pembakaran Halte Transjakarta Sarinah. Dari hasil analisis para terduga pelaku memang sejak awal bertujuan untuk membakar Halte Sarinah.

Dalam akun Youtube Narasi Newsroom, dibeberkan temuan penusuran lewat berbagai video dari sumber terbuka dan CCTV yang dapat diakses publik, sejumlah foto jurnalis dan video atau gambar dari sejumlah akun media sosial. Dari penelusuran itu, muncul tujuh sosok terduga pelaku pembakaran Halte Sarinah.

Penelusuran tim Narasi bermula dari foto bidikan Arie Basuki, fotogtafer Merdeka.com, yang menampilkan sosok terduga pelaku pembakar Halte Transjakarta Sarinah.

Menit demi menit dirinci, hasil analisis mengarah pada kedatangan para terduga pelaku yang memang sejak awal bertujuan untuk membakar Halte Sarinah. Niatan memperburuk situasi unjuk rasa menolak pengesahan RUU Cipta Kerja kuat terlihat.

Selain itu, dari pemantauan CCTV di sekitar lokasi, sebelum melancarkan aksinya para pelaku terlebih dulu melakukan pengamatan. Setelahnya, satu orang mulai menyulut api ke Halte Transjakarta.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Nazaruli