• News

  • Peristiwa

Jakarta Kota Terbaik Dunia, RH: Tak Perlu Sandingkan Anies dengan Ahok

Anies Baswedan-Refly Harun-Basuki Tjahaya Purnama/Ahok.
Anies Baswedan-Refly Harun-Basuki Tjahaya Purnama/Ahok.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ahli Hukum Tata Negara Refly Harun angkat bicara terkait Kota Jakarta yang terpilih menjadi Kota Terbaik di Dunia, juara layanan transportasi berkelanjutan. Penghargaan ini disematkan oleh The Institute for Transportation & Development Policy (ITDP) yang berbasis di New York, Amerika Serikat.

Menurut Refly, tidak perlu sandingkan pemerintahan DKI Jakarta yang saat ini dipimpin oleh Gubernur Anies Baswedan dengan Gubernur sebelumnya. Sebut saja Basuki Tjahaja Purnama atau dikenal juga Ahok, Joko Widodo (Jokowi), Sutiyoso, dan Fauzi Bowo. 

"Tidak perlu sandingkan dengan pemerintahan sebelumnya, satu era ke era lainnya. Transjakarta itu sudah dimulai di era Sutiyoso, dilanjut Fauzi Bowo, Jokowi, Ahok dan kini masa jabatan Anies," kata Refly, dikutip dari pernyataan di kanal Youtubenya, Minggu (1/11/2020).

Menurutnya, transportasi seperti Transjakarta adalah program berkelanjutan. Maka dari itu dinilai tidak perlu adanya program baru yang tidak terlalu penting atau sekedar latah membuat program baru. 

"Sebuah kota memang ada sustainable (berkelanjutan) program. Tidak boleh ketika ada pemerintah baru, misalnya Jokowi dua periode delegitimasi apa yang dicapai SBY 10 tahun. Tidak boleh," tegas dia mencontohkan. 

Menurut Refly, yang boleh dilakukan adalah, apa yang baik untuk dipertahankan dan yang tidak baik agar diperbaiki. "Tak perlu saling ledek Ahok lebih baik dari Anies," sambung dia. 

Tindakan yang perlu dilakukan dan ditegaskan adalah, masa pemerintahan Anies harus lebih baik dari masa jabatan Ahok, Jokowi, Fauzi, dan Sutiyoso. Sehingga tidak perlu dibuat program transportasi lain untuk hilangkan jejak gubernur lainnya hanya untuk dikatakan ada kebaruan. 

"Selamat (atas penghargaan) tapi itu bukan segala-galanya secara absolut. Jakarta belum jadi kota bersahabat untuk ditinggali, ada polusi, masalah kebersihan, macet, dan kriminalitas," kata Refly yang harap Anies realisasikan kampanyenya.

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan.H.P