• News

  • Peristiwa

Nikah Bermahar Motor Belum Sebulan, Sarna (80) Ceraikan Noni (17), MLT: Mahar Ga Balik kan

Pernikahan Kakek Sarna dan Noni
Foto: Berita Heboh
Pernikahan Kakek Sarna dan Noni

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Bahtera rumah tangga Kakek Sarna (80) dengan Noni Novita (17) ternyata hanya seumur jagung. Pernikahan beda usia yang sebelumnya viral di media sosial itu kandas di tengah jalan.

Kakek Sarna atau Abah Riba telah menjatuhkan talak terhadap Noni Novita, gadis remaja yang dinikahinya pada 9 Oktober 2020 lalu itu.

Berita tersebut sontak kembali menjadi sorotan warganet di sosmed. Minggu (1/10/20), akun FB @Mak lambe Turah ikut mencuit, katanya: "Ini yang kapan hari Mak share kakek 71 tahun menikahi gadis 17 tahun, ternyata si kakek umurnya 80 tahun... btewe kl kyk gini udah cere, maharnya ga balik kan."

Sebelumnya dilansir Inews.id, Abah Riba, sapaan akrab Kakek Sarna resmi menceraikan istrinya yang dinikahi siri itu melalui surat pernyataan talak yang dibuat pada Jumat, 30 Oktober 2020, lalu.

Surat tersebut telah ditandatangan keduanya dengan disaksikan keluarga mereka masing-masing di kediaman Noni di Kampung Cicondong, Desa Sukamulya, Kecamatan Pagaden, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Kakek Sarna yang memutuskan untuk mengakhiri bahtera rumah tangganya. Noni pun tidak bisa berbuat banyak. Dia harus menerima keputusan pahit itu.

"Ya, dari pihak suami yang minta cerai. Akhirnya disetujui. Surat talak sudah ditandatangan Noni. Jadi resmi cerai. Baru talak satu," ujar Kakak kandung Noni, Iyan Sueb (30), Minnggu (1/11/2020).

Usut punya usut, penceraian Kakek Sarna dengan Noni diduga dilatarbelakangi dari adanya beberapa orang anggota keluarga Kakek Sarna yang tidak setuju terhadap perkawinan mereka. Padahal, menurut Iyan anak kandung Kakek Sarna sendiri sudah menyetujui. "Katanya begitu, ada beberapa orang dari keluarganya yang tidak setuju. Kemudian memutuskan untuk bercerai," kata dia.

Pasangan beda usia, yang terpaut 63 tahun itu menikah pada 9 Oktober 2020 lalu. Sang kakek memberikan maskawin berupa uang Rp10 juta serta emas 11 gram. Selain itu juga membawa barang-barang lain sebagai seserahan menggunakan dua mobil fick up, termasuk sebuah sepeda motor baru seharga 30juta.

Kakek Sarna mulai jatuh hati pada Noni semenjak Noni masih sekolah. Terlebih Kakek Sarna sudah lama menduda, lantaran istrinya meninggal dunia sekitar tujuh tahun lalu. Kakek sering melihat Noni saat belanja minyak eceran. Kebetulan Noni merupakan anak temannya.

Sejak saat itu, menurut pengakuan Kakek Sarna, wajah Noni selalu terbayang-bayang. Hingga akhirnya sang kakek yang sudah memiliki dua orang cucu itu memberanikan diri menyampaikan maksudnya kepada orangtua Noni.

"Sempat ditolak. Tapi saya gak menyerah. Dan akhirnya si Eneng mau. Kemudian menikah,"ujar Kakek Sarna.

Sementara, Noni mengaku menerima lamaran Kakek Sarna karena baik dan perhatian. Setelah dinikahi Kakek Sarna, Noni berharap segera memiliki momongan. Kakek Sarna sudah memiliki anak berusia 45 tahun, sementara cucu pertamanya berusia 19 tahun dan 7 tahun

Editor : Taat Ujianto