• News

  • Bisnis

Betapa Gembiranya Petani Karet di Kabupaten Mesuji Saat Harga Getah Karet Terus Melambung

Hasil panen karet petani di Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung
Antara
Hasil panen karet petani di Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung

MESUJI, NETRALNEWS.COM - Petani di Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung mengaku gembira karena harga getah karet terus melambung dan mengalami peningkatan.

"Harga karet saat ini Rp9.000 per kilogram atau naik sekitar Rp3.000 per kg dibandingkan harga sebelumnya, " kata Rasim (59) petani karet di Mesuji, Senin.

Ia mengaku lebih semangat untuk menderes karet miliknya mengingat harganya saat ini cukup stabil dibandingkan sebelumnya.

Rasim yang memiliki kebun karet seluas 2 hektare tersebut merasa puas dengan adanya peningkatan harga getah karet tersebut karena dapat menutupi biaya produksi.

"Saat ini harga karet  sudah sesuai dengan kebutuhan dan perawatan kebun karet. Selain itu kebutuhan rumah tangga juga dapat tercukupi, " ujarnya.

Hari (41) pembeli karet ini merasa gembira dengan meningkatnya harga getah karer dari Rp6000 menjadi Rp9.000/kg.

"Kami sebenarnya kasihan melihat petani saat harga karet yang hanya Rp6.000/kg. Harga tersebut tak sesuai karena tak menutupi biaya produksi dan lainnya, " kata dia.

Ia juga mengaku senang dengan harga getah karet saat ini dan petani pun bersemangat untuk menderes pohon karet.

Harga getah karet di KabupatenTulang Bawang dan Kabupaten Mesuji pada Maret lalu bahkan sempak anjlok dari Rp8.000/kg menjadi Rp3.000/kg.

Harga getah karet anjlok di awal pandemi COVID-19 karena perusahaan tempat penampungan getah karet di Tulang Bawang dan Mesuji Lampung tutup sehubungan pabrik di Palembang menghentikan pembelian getah karet.

Editor : Sesmawati