• News

  • Peristiwa

Anies Gunakan Anggaran PEN untuk Infrastruktur Dibanding Penanganan Covid-19

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan
Istimewa
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membeberkan, alasannya mengalokasikan dana pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk infrastruktur dibanding penanganan Covid-19.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI ini mengatakan, duit tersebut untuk pembangunan karena sumber dana pinjaman itu berasal dari perseroan di bidang infrastruktur.

“Kalau penanganan Covid-19 kami gunakan dana BTT (biaya tidak terduga) dari DKI Jakarta. Jadi memang anggaran PEN itu lewat SMI (PT Sarana Multi Infrastruktur) jadi kegiatan yang didanai adalah infrastruktur,” kata Anies usai apel kesiapsiagaan banjir di lapangan JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Rabu (4/11/2020).

Anies mengatakan, sejak awal PT SMI siap meminjamkan duitnya untuk mendanai sejumlah proyek di Jakarta yang sempat tertunda akibat pandemi Covid-19. Selama pandemi Covid-19, DKI melakukan refocusing anggaran untuk penanganan dan penanggulangan Covid-19 di Ibu Kota.

“Tujuan dari anggaran yang disalurkan lewat SMI adalah agar proyek-proyek infrastruktur di daerah tidak terhenti akibat adanya pandemi,” ujar Anies.

Karena itu, kata Anies, sumber dana infrastruktur dan penanganan Covid-19 di Ibu Kota saat ini diperoleh dari pos anggaran yang berbeda. Penanganan Covid-19 dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD), sedangkan penataan infrastruktur dari PEN.

“Dana PEN itu memang dari pemerintah pusat untuk kegiatan infrastruktur,” jelas Anies.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Nazaruli