• News

  • Peristiwa

Kemenkes: WHO Pandang Indonesia Berhasil Kendalikan Pandemi Covid-19 

Sekjen Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Oscar Primadi.
Facebook
Sekjen Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Oscar Primadi.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Sekjen Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Oscar Primadi mengatakan, World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia memandang Indonesia berhasil kendalikan Pandemi Covid-19.

Pernyataan ini disampaikan Oscar menyusul WHO yang mengapresiasi komitmen Indonesia dalam mengendalikan Pandemi Covid-19. Apresiasi tersebut tertuang dalam surat undangan yang ditujukan bagi Menteri Kesehatan (Menkes) RI Terawan Agus Putranto.

Surat undangan juga ditujukan pada dua Menkes negara lainnya untuk hadir mengikuti Konferensi pers tentang Covid-19 Intra-Action Review (IAR) yang akan digelar secara virtual pada 6 November 2020.

"Apresiasi yang diberikan WHO ini tidak terlepas dari keberhasilan Indonesia di dunia kesehatan, dengan strategi respons dan praktik baik dalam penanganan Covid-19 adalah wujud kerja bersama dari seluruh elemen masyarakat," kata Oscar, dilansir dari laman Kemenkes, Jumat (6/11/2010).

Pada konferensi pers, Direktur Jenderal WHO, Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus, meminta Menkes dari tiga negara untuk berbagi pengalaman dalam suksesnya penanganan Covid-19.


Para Menteri diminta untuk memaparkan strategi respons yang telah dilakukan hingga berhasil mengendalikan laju Covid-19 di wilayahnya dan menjelaskan tinjauan intra-tindakan (intra-action review/IAR). Harapannya dengan saling berbagi strategi dan ide, dapat memberikan semangat sekaligus contoh penanganan Covid-19 bagi negara lain.

Lebih lanjut, WHO menilai penanganan Covid-19 di Indonesia telah sesuai dengan guideline yang telah ditetapkan. Ini merujuk pada IAR yang telah dilakukan pada 31 Juli yang lalu, yang mana sejalan dengan rekomendasi dari pertemuan keempat Komite Darurat Peraturan Kesehatan Internasional (2005) pada Bulan Juli.

“Tentunya ini merupakan kesempatan baik, Indonesia sudah dipandang berhasil dalam mengendalikan pandemi Covid-19 ini dan WHO secara khusus mengundang bapak Menteri Kesehatan, bersama dirjen WHO Tedros untuk sharing dan memberikan informasi bagaimana Indonesia mampu mengendalikan pandemi ini dengan baik,” kata Oscar.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani