• News

  • Bisnis

Masa Pandemi, Inilah Bisnis yang Tetap Kinclong dan Menghasilkan Uang

UMKM bisnis yang tetap eksis di tengah pandemi.
Dok: Astra
UMKM bisnis yang tetap eksis di tengah pandemi.

BOGOR, NETRALNEWS.COM -Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak Maret 2020 tentu memiliki dampak yang besar bagi para pebisnis di Indonesia, tanpa terkecuali Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Namun, ada juga UMKM yang tetap eksis di masa sulit ini. Salah duanya adalah UD Putra Mandiri Logam dan UD HSM Indotech, UMKM binaan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) yang berlokasi di Tarikolot Citeureup, Kabupen Bogor.

UD Putra Mandiri Logam
Perusahaan yang didirikan sejak tahun 2010 ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengerjaan logam, khususnya jasa penyedia alat furniture logam. Bermula dari bengkel kecil yang mulai beroperasi tahun 2010, kini UD Putra Mandiri Logam telah memiliki dua workshop dilengkapi berbagai fasilitas yang mendukung produktivitas bisnis, seperti mesin stamping, bending, shearing, press hidrolik, las listrik dan lainnya. Perusahaan yang dipimpin oleh H. Acep Sumardi ini memiliki karyawan sebanyak 7 orang.

Dalam bisnisnya, perusahaan yang bergabung menjadi binaan YDBA pada tahun 2019 ini berkomiten dalam meningkatkan kualitas, fasilitas dan memenuhi kebutuhan pelanggan.

Komitmen tersebut ditunjukkan dengan keterlibatan UD Putra Mandiri Logam dalam mengikuti berbagai program YDBA yang mendukung peningkatan kompetensi SDM di dalamnya, seperti mengikuti Pelatihan Basic Mentality, Manajemen 5R, Gambar Teknik, Pengukuran, Design Proses, Pembukuan Sederhana dan kegiatan lainnya. UD Putra Mandiri Logam juga berkomitmen dalam menerapkan 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin) di dalam usahanya.

Di masa pandemi, dalam siaran persnya, Senin, (9/11/2020), UD Putra Mandiri Logam turut memasarkan produknya ke pasar online yang dijembatani oleh YDBA. Produk yang banyak diminati di pasar tersebut, adalah Kait Pot Gantung Simple S, Standing Pot Single Segitiga dan Rak Dinding Hexagonal.

Sebagai improvement dalam bisnisnya agar tetap eksis di masa pendemi ini, UD Putra Mandiri Logam melakukan pengembangan produk dengan menghasilkan subjig cover speedometer yang di-supply ke salah satu perusahaan Manufaktur Otomotif Besar di Indonesia. Semangat improvement yang dilakukan UD Putra Mandiri Logam ini tentu menjadi tips jitu untuk UMKM tetap eksis dan bertahan di tengah pandemi Covid-19.

UD HSM Indotech
UD HSM Indotech merupakan perusahaan yang bergerak di bidang spesialis pengerjaan logam dan stainless steel. Produk yang dihasilkan oleh perusahaan yang berdiri pada tahun 2012 ini adalah hospital furniture seperti lemari obat, perlengkapan cafe, resto, hotel seperti mini bar, kitchen set, trolley hotel dan berbagai home decor dan produk custom lainnya. Produknya saat ini telah dipasok ke berbagai Rumah Sakit dan Cafe di wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat.

 Perusahaan yang memilki visi menjadi perusahaan terdepan dan inovatif dalam pengolahan produk berbahan dasar logam dan stainless steel ini merupakan UMKM binaan YDBA yang bergabung sejak tahun 2019 tepat saat Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) YDBA didirikan di Tarikolot Bogor.

Semangatnya dalam meningkatkan kompetensi, ditunjukkan oleh perusahaan yang dipimpin Reza Maulana ini dengan aktif dalam mengikuti berbagai kegiatan pembinaan, mulai dari Pelatihan dan Pendampingan Manajemen 5R, Pelatihan Quality Control Circle (QCC), Studi Banding ke UMKM Binaan YDBA di Tegal dan kegiatan lainnya.


Editor : Sulha Handayani