• News

  • Bisnis

Ternyata Ini yang Ditunggu Taiwan dari Indonesia

Ekspor sarang burung walet dari Medan ke Taiwan.
Trading
Ekspor sarang burung walet dari Medan ke Taiwan.

MEDAN, NETRALNEWS.COM -Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyebut Sumatra Utara (Sumut) sebagai salah satu provinsi yang memberikan kontribusi ekspor nonmigas cukup tinggi bagi Indonesia. Pada 2019, SumateraUtara menduduki peringkat ke-9 sebagai provinsi yang memberikan kontribusi ekspor nonmigas dengan total ekspor sebesar USD 7,28 miliar (4,73 persen dari total ekspor nonmigas Indonesia).

Hal itu disampaikan Wamendag Jerry saat melepas ekspor produk sarang burung walet dan keripik singkong PT Ori Ginalnest Indonesia dan PT Alpha Gemilang Sejahtera bersama Gubernur Sumatera Utara Edhy Rahmayadi di Medan.

Dengan capaian seperti itu, Wamendag Jerry memberikan apresiasi kepada pemerintah dan pelaku usaha di Sumut.“Kami berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada Pak Gubernur, pemerintah kabupaten dan kota, serta seluruh pelaku usaha di Sumut atas capaian yang diraih. Kita berharap ekspor makin memberikan kontribusi penting bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, termasuk di Sumut ini,”kata Jerry, dalam siaran persnya, Senin, (9/11/2020).

Kinerja neraca perdagangan Indonesia sangat baik dengan membukukan surplus hingga USD 13,5 miliar. Kontribusi ekspor nonmigas menjadi makin penting dengan mencatat USD 111, 25 miliar untuk periode Januari—September 2020. Jika dilihat dari data ekspor pada periode Januari—Agustus 2020, ekspor nonmigas Sumatera Utara tercatat sebesar USD 4,91 miliar atau naik 0,40 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Menurut Jerry, Indonesia tengah gencar menjaga dan meningkatkan ekspor. Peningkatan ekspor tidak terhenti karena pandemi Covid-19. Jerry juga menyebut berbagai perjanjian perdagangan secara bilateral maupun multilateral sebagai salah satu cara untuk memberikan keunggulan kompetitifbagi produk-produk Indonesia.

“Hari ini kita serahkan Surat Keterangan Asal (SKA) kepada para pelaku usaha agar produknya dikenal berasal dari Indonesia. Dari situ mereka akan mendapatkan pemotongan tarif bahkan hingga nol persen ke negara tujuan. Denganbegitu, harganya bisa ditekan dan bisa bersaing,”imbuh Jerry.

Jerry menjelaskan, SKA adalah sebuah pernyataan resmi dari Pemerintah Indonesia mengenai asal sebuah produk ekspor. SKA merupakan salah satu instrumen yang dihasilkan oleh perjanjian perdagangan yang dilakukan oleh Kementerian Perdagangan bersama kementerian dan lembaga lain. Negara tujuan ekspor akan mengenali asal produk dari SKA tersebut dan memberikan pemotongan tarif hingga nol persen sesuai dengan perjanjian yang telah ditandatangani dengan Wamendag Jerry Sambuaga mengapresiasi semangat pantang menyerah para pelaku usaha dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang terus berproduksi hingga melaksanakan ekspor di masa pandemi Covid-19. Perusahaan sarang burung walet PT Ori Ginalnest Indonesia berhasil mengekspor sarang burung walet ke China, Eropa, Amerika Serikat, Australia, Taiwan dan Singapura sebesar Rp 24,29 miliar.

Sedangkan PT Alpha Gemilang Sejahtera mengekspor 20 ton keripik singkong ke Korea Selatan secara rutin 2—3 kali dalam sebulan. “Kita harus berikan apresiasi kepada para pelaku ekspor karena tetap bekerja keras, optimis, dan bisa mengoptimalkan peluang meski dalam masa pandemi. Ini juga berkaitan dengan ketahanan dan kemampuan beradaptasi perusahaan dalam berbagai keadaan,”kata Jerry.

Editor : Sulha Handayani