• News

  • Peristiwa

Amini Ucapan Megawati soal Jakarta Amburadul, Wa Ode: Pendidikan Budaya Masyarakat Penting

Wa Ode Herlina, anggota Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta.
dprd-dkijakartaprov.go.id
Wa Ode Herlina, anggota Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kritik pedas yang disampaikan Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri terhadap kondisi ibukota negara yang dinilai amburadul diamini oleh Anggota Fraksi PDIP DPRD DKI, Wa Ode Herlina.

Pasalnya, tiga tahun kepemimpinan Anies Baswedandi Jakarta, gubernur tak kunjung melakukan terobosan-terobosan yang mengarah pada pendidikan budaya masyarakat Jakarta di masa pandemi.

"Jakarta sebagai kota pertemuan seluruh keragaman Indonesia dan pintu masuk Indonesia, harus memperkuat pondasi budaya. Pandemi covid 19 ini jadi sarana untuk memupuk kebersamaan, dan membangun kesadaran bahwa kita saling memerlukan," kata Wa Ode Herlina dalam keterangan tertulisnya, Rabu (12/11/2020). 

"Kota Jakarta yang nyaman ditinggali dari aspek sosial atau hubungan antar manusianya, harus diusahakan bersama," lanjut ketua DPC PDIP Jakarta Pusat ini.

Menurutnya, Pemda perlu menjadikan soliditas warga sebagai sasaran pembangunan. Sebab, sudah menjadi rahasia umum, jika kecenderungan masyarakat ibukota saat ini terkesan individualistik dan jauh dari semangat kebersamaan dalam mengatasi persoalan.

"Contoh, jika terjadi ada tetangga yang kena covid 19. Bahwa siapapun dia, ketika ada musibah, maka alamiah kita gotong royong untuk membantunya untuk atasi kesulitan itu. Budaya itu yang harus kita bangkitkan lagi di masyarakat. Agar kita bisa bersama melawan pandemi covid 19," jelas Wa Ode Herlina.  

Masalah ini, kata Wakil Sekretaris Fraksi PDIP di  DPRD DKI itu, harus menjadi sarana, melalui kelembagaan RT/RW atau kumpul warga, untuk membangun kebersamaan di lingkungan.

Sebab, budaya untuk ramah, menerima perbedaan, kesediaan partisipasi dalam hidup bersama, adalah kekuatan Jakarta.  

"Ruang publik dan berita Jakarta harus difasilitasi untuk mempromosikan kebersamaan, dan keunggulan budaya warga Jakarta ini.  Pembangunan budaya ini adalah pekerjaan yang tidak ada hentinya.Ukuran capaiannya, adalah semua yang tinggal di Jakarta merasa nyaman, aman dan bersatu dalam upaya kemajuan bersama," beber anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta itu.

Diberitakan, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyayangkan kondisi DKI Jakarta saat ini yang menjadi tak karuan. Megawati menilai Jakarta menjadi amburadul dan di sisi lain membanggakan kepala daerah asal PDIP.

Hal itu disampaikan Megawati dalam acara pemberian penghargaan 'Kota Mahasiswa' atau 'City of Intellectual' berdasarkan riset yang dilakukan oleh tim yang dipimpin guru besar Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Hafid Abbas, Selasa (10/11/2020).

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Irawan.H.P