• News

  • Peristiwa

Jangan Salah Pilih Program Pendidikan, Ini Tips Memilih Jurusan agar Cepat Kerja

Pilih jurusan pendidikan sesuai dengan passion kita.
Edunews
Pilih jurusan pendidikan sesuai dengan passion kita.

JAKARTA, NETRALENEWS.COM - Tahukah Anda bahwa sekitar 73 % pelamar kerja mengalami kegagalan saat mendapatkan pekerjaan impian sesuai passion hanya karena salah memilih jurusan kuliah dan program studi kala menimba ilmu saat berkuliah dahulu.

Di sini dipaparkan tips tepat memilih jurusan kuliah dan program studi agar tepat sasaran nantinya ketika tiba waktunya mencari pekerjaan yang tepat.

Tips Mudah Memilih Jurusan Kuliah, dari Hendro Utomo, pemerhati pendidikan:

1. Perhatikan deh minat, bakat dan hobi kamu. Dari minat Anda akan timbul passion secara otomatis dalam memilih langkah selanjutnya. Semisal Anda hobi dengan gadget dan komputer maka artinya Anda lebih baik memilih program komputerisasi atau manajemen informatika.

2. Jangan terbawa arus. Anda harus tahu terlebih dahulu keinginan dan cita cita Anda. Dari situ Anda akan tahu bagaimana step serta program studi yang akan Anda pilih.

3. Perbanyak cara dan info tentang program studi dan jurusan kuliah yang sesuai dengan minat kamu sehingga Anda akan dapat banyak referensi dan lebih mudah dalam mencari kelebihan serta kekurangan dari program studi tersebut apabila kamu memiliki lebih dari 1 minat dan bakat.

4. Tanyakan dan diskusikan dengan orang terdekat seperti orang tua Anda pasalnya itu berhubungan dengan kondisi keuangan perkiliahan Anda nantinya sebab setiap program studi dan jurusan kuliah tentunya memiliki biaya perkuliahan yang besarnya berbeda beda.

5. Banyak observasi dan mencari tahu kira kira apa program studi yang Anda pilih itu nantinya akan menjadikan Anda sebagai profesi apa karena semua yang kita lakukan tentu memiliki tujuan pencapaian prestasi dalam hidup ini, bukan?

6. Mulailah mencari info tentang kampus yang menyediakan program studi atau jurusan yang Anda minati. Semakin banyak pilihan kampus tentu saja Anda bisa compare mulai dari kualitas perkuliahan sampai biaya perkuliahan.

Editor : Sulha Handayani