• News

  • Bisnis

Dukung Subang Smartpolitan, Ridwan Kamil Janji Bakal Bangun Ini

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Istimewa
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil mengatakan, mengintegrasikan ruang hunian, ruang kerja, dan ruang bermain sangat penting untuk pengembangan Kawasan Industri Terpadu Subang Smartpolitan.

“Saya ingin sekali melihat kedepannya kita mendesain kota yang selalu memiliki tiga faktor kunci yaitu hidup, bekerja, dan bermain dalam satu kawasan yang terintegrasi,” ujar Gubernur Kamil saat menyampaikan sambutan secara virtual pada acara peletakan batu pertama Subang Smartpolitan, Rabu, (18/11/2020).

Gubernur Jawa Barat yang juga akrab disapa Kang Emil mengatakan, peletakan batu pertama Subang Smartpolitan merupakan peristiwa bersejarah karena semua pemangku kepentingan terkait rajin mempersiapkan pembangunan kota terpadu yang akan menjadi tolak ukur pembangunan di provinsi tersebut.

Menurut Gubernur, keterpaduan ruang hidup, bekerja, dan bermain dalam pengembangan kota baru adalah suatu keharusan.

“Terbukti jika kita hanya mendesain tempat untuk bekerja, maka masyarakat masih harus tinggal jauh dari tempat kerja - atau sebaliknya - akan menimbulkan biaya perjalanan. Oleh karena itu, kami tegaskan bahwa konsep hidup yang terintegrasi , bekerja, dan bermain di satu bidang adalah suatu keharusan,” tandasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, Pemprov Jabar akan terus mendukung dan memastikan keberhasilan pembangunan Subang Smartpolitan antara lain melalui pendampingan pemasaran, membangun jembatan dengan investor, regulasi, dan lain-lain.

Selain itu, Ridwan Kamil mengatakan, pihaknya juga akan berkontribusi pada desain landmark Subang Smartpolitan yang diharapkan dibangun lebih dulu untuk memikat masyarakat agar menetap di sana.

Ia berharap Subang Smartpolitan menjadi pionir keberhasilan pembangunan kota-kota baru yang terintegrasi di Jawa Barat.

“Mudah-mudahan 10 sampai 20 tahun ke depan sudah bisa memanen apa yang sudah kita kerjakan hari ini,” kata Kamil.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sulha Handayani