• News

  • Bisnis

Jelang Pengumuman RDG Bank Indonesia, IHSG Dibuka Turun 0,29%, Ini Prediksinya

Ilustrasi Bursa Efek Indonesia.
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) Kamis dibuka melemah 16,1 poin atau 0,29 persen ke posisi 5.541,42.

Sementara kelompok 45 saham unggulan atau Indeks LQ45 turun 4,75 poin atau 0,54 persen ke posisi 880,9.

IHSG diprediksi bergerak variatif jelang pengumuman hasil Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI) pada siang nanti.

"Pergerakan IHSG hari ini cenderung mixed sambil menanti keputusan Bank Indonesia tentang suku bunga. Konsensus memperkirakan suku bunga akan tetap di level 4 persen," kata Kepala Riset Reliance Sekuritas Lanjar Nafi dalam riset yang dikutip Antara di Jakarta, Kamis.

Bursa AS semalam melemah karena kembali diberlakukannya pembatasan untuk menahan penyebaran virus yang membayangi kemajuan vaksin.

Pfizer Inc maju setelah mengatakan vaksinnya 95 persen efektif, membuka jalan untuk mengajukan otorisasi peraturan AS pertama untuk suntikan vaksin COVID-19 dalam beberapa hari.

Sementara itu, seperti dilansir Antara, bursa saham Eropa ditutup di zona hijau setelah dibuka terkoreksi pada awal perdagangan. Tanda-tanda bahwa Inggris dan Uni Eropa mendekati terobosan Brexit pada awal minggu depan tertutup dengan kasus COVID-19 yang mengancam lockdown beberapa daerah di Eropa.

Investor dinyatakan akan terfokus pada pembicaraan Brexit yang tampaknya akan berlanjut ketika Inggris dan Uni Eropa mendekati tenggat waktu terbaru serta menanti keputusan Bank Indonesia pada kebijakan suku bunga dari dalam negeri.

Sebagai informasi, bursa saham regional Asia pagi ini antara lain Indeks Nikkei melemah 85,81 poin atau 0,33 persen ke 25.642,33, Indeks Hang Seng turun 116,94 poin atau 0,44 persen ke 26.427,35, dan Indeks Straits Times meningkat 18,17 atau 0,65 persen ke 2.768,35.

 

 

Editor : Irawan.H.P