• News

  • Peristiwa

Pandemi Bikin Anak Bisa Stress, Ini yang Harus Orangtua Lakukan

Ajak anak bermain di luar sesekali selama pandemi.
Antara
Ajak anak bermain di luar sesekali selama pandemi.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Psikolog Perkembangan Anak dari Universitas Gadjah Mada Dr Aisah Indati M.S mengatakan masa kanak-kanak merupakan masa bermain yang mana pada masa itu merupakan masa keemasan.

“Pada masa keemasan ini dibutuhkan beberapa stimulasi dari lingkungan sekitar supaya anak mengalami perkembangan yang optimal,” ujar Aishah, Kamis, (26/11/2020).

Perkembangan yang optimal akan tercapai apabila anak memperoleh stimulasi yang bervariatif, seperti stimulasi yang bersifat motorik, emosi, sosial, serta pengamatan.

Dia menambahkan penting bagi orang tua memilih produk yang sesuai untuk digunakan bagi anak-anak usia prasekolah hingga anak-anak usia sekolah dasar. Produk tersebut dapat untuk menstimulasi perkembangan anak, dalam hal pengamatan, emosional dan sosial serta motorik halus.

Aisah menjelaskan pengamatan yang dimaksud, karena anak belajar mengamati beragam warna dan bentuk yang ada. Hal itu akan memacu inisiatif dan kreativitas anak. Dari sisi emosi dan sosial, yakni saat anak bereksplorasi dengan produk, salah satunya melalui proses mencampur berbagai macam warna, hal tersebut mengasah kepekaan emosi (yang melibatkan kreativitas dan inisiatif), serta interaksi sosial anak.



Sementara stimulasi motorik halus diperoleh saat anak bereksplorasi menggunakan media pewarna, kertas origami, akan melatih kepekaan motorik halus dalam diri anak.

Manajer Produk PT Faber Castell International Indonesia Richard Panelewen mengatakan pihaknya menghadirkan Faber-Castell Creative Art Set Series yang merupakan jawaban bagi para orang tua untuk bereksplorasi bersama, karena produk ini dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan tidak hanya bagi anak, namun orang tua dan juga orang dewasa, demikian tulis Antara.

Editor : Sulha Handayani