• News

  • Nasional

KPK Bakal Tuntaskan Kasus Warisan Periode Sebelumnya

Ilustrasi KPK
Ilustrasi KPK

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) Jilid IV berjanji tuntaskan kasus warisan Pimpinan KPK periode sebelumnya. Kasus-kasus itu setidaknya akan rampung sebelum akhir tahun 2016.

"Semua kasus yang pernah dan sudah dinaikan di tingkat penyidikan pasti akan kita selesaikan dan itu sudah disepakati oleh lima Pimpinan KPK. Iitu akan secepat mungkin. Dua atau tiga bulan itu sudah bisa kita naikan semuanya," kata Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (1/3/2016).

Sejumlah kasus yang belum tuntas seperti kasus dugaan korupsi terkait proyek pengadaan e-KTP, kasus dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan (alkes) di Provinsi Banten, Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang menjerat Tubagus Chaeri Wardana, kasus dugaan korupsi pengadaan alkes yang menjerat mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari, kasus dugaan korupsi terkait keberatan pajak Bank BCA yang menjerat mantan Dirjen Pajak Hadi Poernomo.

KPK, kata Basaria, telah membentuk Tim Satuan Tugas (Satgas) untuk mempercepat penyelesaian kasus-kasus yang tertunggak. Untuk itu, pihaknya meminta masyarakat bersabar dan memberikan ruang pada KPK untuk bekerja.

"Semua sudah ditingkatkan ke penyidikan dan kami sudah berusaha diselesaikan secepat mungkin. Untuk melengkapi kelengkapan-kelengkapan harus diselesaikan semuanya. Jadi tidak asal masuk saja. Sekarang tim sudah dibagi dari beberapa Satgas. Dari Satgas itu Tim A, Tim B akan menyelesaikan satu kasus. Jadi nanti ditunggu saja sudah ada yang naik," paparnya.

Penulis : Firman Qusnulyakin
Editor : Firman Qusnulyakin