• News

  • Nasional

KPK Tetapkan Politikus Golkar Tersangka Kasus Suap Damayanti

Ilustrasi Korupsi
Ilustrasi Korupsi

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) resmi mengumumkan anggota Komisi V DPR dari Fraksi Golkar, Budi Supriyanto sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait proyek Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR), Rabu (2/3/2016).

Penetapan Budi sebagai tersangka merupakan pengembangan atas kasus yang juga menjerat koleganya di Komisi V dari Fraksi PDIP, Damayanti Wisnu Putranti.

Surat perintah penyidikan (sprindik) dengan tersangka Budi ditandantangani lima pimpinan KPK, Senin (29/2).

"Dalam pengembangan penanganan perkara tindak pidana korupsi penerimaan hadiah atau janji kepada anggota DPR terkait proyek di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tahun 2016, penyidik KPK sudah menemukan alat bukti yang cukup untuk menetapkan BSU (Budi Supriyanto, Red) anggota DPR 2014-2019 sebagai tersangka," kata Pelaksana Harian (Plh) Kabiro Humas KPK, Yuyuk Andriati di gedung KPK, Jakarta.

Dikatakan, berdasarkan pemeriksaan saksi dan alat bukti yang dimiliki KPK, Budi diduga menerima suap dari Dirut PT Windu Tunggal Utama Abdul Khoir. Suap ini diberikan agar Abdul Khoir mendapat proyek di Kemen PUPR.

Atas perbuatan yang dilakukannya Budi disangka melanggar Pasal 12 huruf a atau b atau Pasal 11 UU Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP.

Penulis : Firman Qusnulyakin
Editor : Firman Qusnulyakin