• News

  • Nasional

Jokowi Inginkan Konsep Pendidikan Tingkatkan Mentalitas Bangsa

Presiden Jokowi saat menghadiri Konferensi Forum Rektor Indonesia tahun 2016 di Yoyakarta. (Setkab)
Presiden Jokowi saat menghadiri Konferensi Forum Rektor Indonesia tahun 2016 di Yoyakarta. (Setkab)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka Konferensi Forum Rektor Indonesia Tahun 2017 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Kamis (2/2/2017). Dalam sambutannya Jokowi mengharapkan lahirnya sistem pendidikan yang dapat meningkatkan mentalitas bangsa.

"Saya mengharapkan dari konferensi nasional forum Rektor Indonesia Tahun 2017 ini, lahir konsep-konsep pendidikan yang mengubah mentalitas bangsa kita menjadi bangsa yang lebih kompetitif, bangsa yang lebih inovatif dalam memenangkan persaingan dengan bangsa-bangsa yang lain di dunia," kata Presiden Jokowi.

Menurut Presiden, seluruh perguruan tinggi di Indonesia perlu memberikan pendidikan dan arahan agar Sumber Daya Manusia dapat memiliki integritas sehingga mampu berkompetisi dengan SDM negara lain.

Kepala Negara juga menyinggung agar sekolah kejuruan di Indonesia memberi pendidikan dan pelatihan ilmu khusus yang dapat diterapkan langsung dan sesuai kemajuan teknologi saat ini.

Pada saat kemajuan teknologi informasi sekarang ini, Jokowi mengarahkan agar SMK juga dapat memperkuat pendidikan dan pelatihan di bidang tersebut, sehingga muncul ahli-ahli yang menguasai sistem bisnis dan logistik berbasis daring atau "online".

Sementara itu, Ketua Forum Rektor Indonesia Tahun 2017 Prof Rochmat Wahab mengatakan konferensi tersebut akan membahas sejumlah nilai-nilai dalam nawacita antara lain mengenai kemaritiman, revolusi mental, dan sistem ekonomi Pancasila.

Rochmat mengajak seluruh rektor dan tokoh pendidikan dalam negeri untuk berperan membangun mental masyarakat Indonesia mulai dari daerah pinggiran hingga ke kota.

 

Editor : Nazaruli
Sumber : Antara