• News

  • Nasional

Satpol PP Diminta Berbaur dengan Masyarakat

Satpol perempuan ini dari Purwakarta, Jawa Barat
Satpol perempuan ini dari Purwakarta, Jawa Barat

 

PALU, NETRALNEWS.COM - Mendagri Tahjo Kumolo minta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) supaya berbaur dengan masyarakat.

"Jadi satpol PP, tugasnya tidak hanya di posko, tapi berbaur kepada masyarakat, menenangkan, mendengarkan aspirasi masyarakat, menggerakan dan menggorganisir masyarakat," ungkapnya.

Sementara pihak lain yang selalu dalam berkoordinasi dalam melakukan setiap aturan pemerintah daerah adalah TNI dan Polri. "Karena apapun permasalahan daerah ini tidak bisa diselesaikan secara sendiri-sendiri," kata Mendagri di sela-sela upacara HUT ke-66 Satpol PP dan HUT ke-54 Linmas di Palu, Kamis (3/3/2016).

Menurut Mendagri, tugas Satpol PP dan Linmas yakni menjaga keamanan, ketahanan dan ketertiban bagi aset-aset pemerintah daerah yang ada di seluruh tingkatan pemerintahan, baik dari desa sampai provinsi.

Selain itu, Satpol PP juga dapat membantu dalam penanganan rawan bencana seperti banjir dan longsor. Karena mereka merupakan aparat gubernur, bupati dan walikota yang dapat ditugaskan dan bekerjasama dengan TNI dan Polri.

"Semua harus waspada terhadap terorisme, radikalisme dan kelompok masyarakat yang mengancam NKRI dan kemajemukan bangsa ini," ujarnya.

Menurut Mendagri, Indonesia merupakan negara besar dari Sabang sampai Merauke, dengan kemajemukan dalam beragama, suku dan golongan dan itu harus dijaga. Sehingga kita harusnya menentukan sikap siapa lawan dan siapa kawan.

Editor : h
Sumber : Antaranews